Tanya Dokter

  • Siklus Haid lebih dari 35 hari disertai flek

  •  Yukie
    Anggota

    Halo dok. Saya wanita berumur 24thn, tinggi 153, berat 46,5 kg. Belum menikah. Haid saya teratur dok, tapi siklusnya lebih dari 35 hr. Kadang 36 atau 37, dan di tengah2nya disertai flek yg muncul seminggu setelah mens selesai. Fleknya sendiri bisa sampai seminggu baru bersih dok. Warnanya coklat hingga darah.

    2tahun lalu saya sempat mengalami keluhan yg sama dan memeriksakan diri ke dr.kandungan. Setelah ush dan pemeriksaan fisik, Diagnosanya gangguan hormon dan diberi diane utk 3bulan. Setelah 3 bln fleknya mulai menghilang dan saya stop ke dr dan minum obatnya. Tapi 6 bln lalu, gejala ini muncul lagi dok. Saya takut ke dr lagi. Menurut dr bagaimana?

    Halo Yukie, Flek setelah seminggu selesai menstruasi paling umum disebabkan karena sisa darah menstruasi yang masih belum tuntas. Tetapi jika Anda merasa khawatir, ada baiknya agar Anda kembali menemui dokter yang memeriksa Anda agar dapat diketahui apakah keluhan yang muncul saat ini sama penyebabnya dengan keluhan terdahulu ataukah disebabkan oleh hal lain. Dokter akan melakukan pemeriksaan kembali secara menyeluruh meliputi pemeriksaan fisik, cek darah, dan USG. Jika penyebabnya ternyata masih sama dengan yang terdahulu, maka obat yang diberikan kemungkinan sama atau diganti oleh dokter yang bersangkutan. Silahkan baca topik yang sama dengan keluhan Anda Flek setelah haid 1 minggu Semoga membantu, dr. Tri