Tanya Dokter

  • Siklus haid tidak teratur sejak 2 bulan terakhir

  • Selamat malam Dok..

    Saya mahasiswi berusia 20 tahun. Saya mau nanya Dok tentang siklus haid saya yang tidak normal sejak 2 bulan ini. Terakhir saya haid normal bulan mei tgl 31-8 juni kemudian haid lagi tanggal 20juni-28juni dan haid lagi tanggal 7juli-16juli kemudian saya haid lagi tanggal 25juli-sekarang Dok. Haid yang saat ini darahnya berwarna merah segar dan lebih cair Dok, dengan jumlah yang semakin banyak. Tapi saya tidak merasa pusing/pucat, konjungtiva saya juga normal, nafsu makan saya juga baik-baik saja. Ini apa penyebabnya ya Dok? Apa saya mengidap polymenorrhea Dok? Kemudian obat apa yang harus saya minum Dok?

    Saya mohon Dokter mau jawab pertanyaan saya, terimakasih Dok:)

    Hai Tranitia, Menstruasi adalah hal yang normal dialami oleh setiap wanita. Menstruasi yang dialami setiap wanita berbeda-beda baik siklus maupun frekuensi dan volume menstruasi. Namun pada umumnya menstruasi akan terjadi 3-5 ahri dengan siklus 28 hari. Beberapa gangguan menstruasi:

    1. Menorrhagia yaitu volume menstruasi yang lebih banyakk dari biasanya
    2. Metrorrhagia yaitu frekuensi menstruasi yang menjadi lebih sering
    3. Amenorrhea yaitu menstruasi yang berhenti
    4. Dysmenorrhea yaitu rasa nyeri hebat yang dialami saat menstruasi
    5. Oligoenorrhea yaitu menstruasi yang frekuensi nya lebih sering dan volume yang banyak
    Dari gejala yang anda sebutkan kemungkinan besar anda ada pada Oligomenorrhea. Hal-hal yang dapat menyebabkan keadaan ini sangat banyak namun yang paling utama adalah masalah hormonal yang tidak seimbang, faktor stress, kegiatan fisik yang berlebihan, dll. Melihat gejala yang anda alami sebaiknya anda sesegera meungkin memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah untuk melihat hemoglobin anda dan peeriksaan USG untuk melihat keadaan rahim anda. Jika sudah ditemukan penyebabnya daapt diberikan pengobatan yang tepat. Anda daapt melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Konsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin yang tinggi
    • Istirahat minimal 8 jam dalam 1 hari
    • Ganti pembalut setiap 4 jam atau jika sudah penuh sebelum 4 jam segeralah mengganti pembalut anda
    • Hindari stress
    • Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat
    • Kendalikan berat badan anda
    Anda daapt membaca artikel di bawah ini: Mewaspadai mestruasi yang tidak normal Haid tidak teratur Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit

    Tranitia Utami  Tranitia Utami
    Anggota

    Terimakasih untuk informasinya Dok.. saya sudah USG dan hasilnya tidak terdapat apapun di rahim ataupun dibagian lain. Kata dokternya saya mengalami ketidakseimbangan hormon saja..