Tanya Dokter

  • Siklus haid yang panjang

  •  flower1526
    Anggota
    Malem Dok, saya berumur 23 tahun, mau tanya, sudah hampir setahun ini siklus haid saya cukup panjang bulan sep'17 saya halangan pada tanggal 3 kemudian di bulan okt'17 saya baru halangan pada tanggal 17, kemudian biasanya saya halangan sekitar seminggu namun setelah siklus haid saya tidak lancar saya hanya berhalangan selama 4 hari. jika sudah tanggal tanggal halangan, sekitar 1-2 saya sering merasa sakit diperut bagian bawah sampai ke pinggul tapi haid tidak kunjung terjadi. Jadi saya tidak dapat menentukan siklus haid yg tepat. Ini apakah ada penyakit yg serius? normal kah? atau penyabab lainnya dok? terimakasih sebelumnya dok.

    Halo,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Aldokter. Siklus haid yang memanjang (siklus haid lebih dari 35 hari) disebut dengan oligomenorea dapat disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Gangguan hormon tersebut menyebabkan lamanya siklus menstruasi normal menjadi memanjang, sehingga menstruasi menjadi lebih jarang terjadi.

    Selain itu oligomenorea dapat disebabkan juga oleh beberapa kemungkinan, antara lain:

    ·         Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

    ·         Stress dan depresi

    ·         Sakit kronik

    ·         Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

    ·         Penurunan berat badan berlebihan

    ·         Olahraga berlebihan, misal atlit

    ·         Adanya tumor yang melepaskan estrogen

    ·         Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

    ·         Penggunaan obat-obatan tertentu

    ·         dsb

    Umumnya oligomenorea tidak menyebabkan masalah, namun pada beberapa kasus oligomenorea dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Konsultisakan kondisi ini dengan dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan tambahn bila diperlukan seperti USG.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar