Tanya Dokter

  • dislokasi sendi siku

  •  Susila Wati
    Anggota
    Dok...saya 33 thn ...sudah 1.5 bln dr kejadian siku sy lepas. Sudah direposisi di ahli pth tulang...sy ronsen menurut dokter ortopedi disarankn melakukn fisioterapi...tetapi sampai sekrg tangn kiri sy blm lurus dan blm bs ditekuk br sekitr 85'....kira2 bth wakt brp lm tgn sy bs sempurna menekuk...krn ini klw ditekuk dan diluruskn sakit sekali. Trimakasih

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com. Saya dr.Luh Putu Previyanti Dharma Putri akan mencoba membantu Anda.

    Dislokasi sendi merupakan suatu kondisi dimana tulang bergeser dan keluar dari posisi normalnya pada sendi. Setiap persendian yang ada di tubuh manusia bisa mengalami cedera ini termasuk sendi siku. Penanganan yang umum dilakukan adalah :

    • Reduksi : mengembalikan tulang pada posisi yang seharusnya secara manual
    • Imobilisasi : menghambat gerakan sendi setelah posisi diperbaiki
    • Operasi : dilakukan jika reduksi tidak memungkinkan
    • Rehabilitasi

    Lamanya proses rehabilitasi yang diperlukan untuk tiap pasien adalah berbeda, mulai dari bulan hingga tahunan. Hal ini tergantung dari tingkat keparahan cedera, usia, kesehatan tulang dan sendi pasien dan aktivitas atau gerak pasien. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis ortopedi dan juga dokter fisioterapi yang merawat Anda karena diperlukan evaluasi terhadap kesehatan Anda. Saat ini sebaiknya Anda mengikuti dengan baik segala petunjuk dan anjuran dari dokter atau ahli terapi Anda. Selain itu, hindarilah aktivitas yang terlalu berat selama sendi Anda belum pulih.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti