Tanya Dokter

  • Tanda-tanda seseorang alami stres

  • Dok, ketika sya berada dlm tekanan, misal tugas yg menumpuk saya terkadang marah kpd teman kelompok kerja saya walaupun mereka tdk melakukan kesahalan. Seakan saya tidak ingin diganggu ketika bekerja padahal kita kerja kelompok. Dan saya tdk dpt mengontrol emosi ketika mereka mengganggu saya saat kerja. Bawaannya pengen marah. Misal juga jika di nasehati orang tua dengan baikbaik saya merasa tertekan akn hal itu respon saya hanya menangis sembari sy melampiaskan kekeselan saya karena selalu di tekan, akibatnya saya tidak bisa berkomunikasi dengan baik dgn orang tua saya, dan in sering terjadi jika dinasehati dok, bkn hanya sekali. Apakah ini termasuk sindrom respons stress dokter?

    Halo Sitti

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Stress merupakan suatu hal yang memang wajar terjadi pada seseorang. Stress sendiri ada banyak jenisnya, namun secara umum digolongkan kedalam stress fisik (misalnya seperti sakit, adanya trauma pada fisik, dsb) dan stress psikis (misalnya suatu perasaan bersalah, merasa tertekan, atau marah). Stress itu memang akan menimbulkan berbagai macam reaksi pada tubuh atau dikenal dengan kemampuan kita untuk mengatasi stress tersebut. Ketika seseorang tersebut gagal untuk mengatasi atau meredam sterss tersebut maka munculah suatu kondisi yang dinamakan gangguan penyesuaian..

    Saat ini gangguan penyesuaian sendiri mengalami perubahan nama menjadi sindrom respons stress (Stress Response Syndrome) karena biasanya seseorang dengan kondisi ini terkadang memiliki beberapa gejala depresi seperti:

    • Perasaan bersalah
    • Merasa putus asa
    • Kehilangan minat pada berbagai aktivitas yang biasanya dinikmati atau bahkan sekolah dan pekerjaan.

    Namun tidak terdapat perubahan suasana hati seperti layaknya gangguan depresi pada umumnya. Dan hal ini biasanya akan berlangsung dalam suatu periode singkat dan jarang yang bertahan hingga 6 bulan. Dan layaknya gangguan mental yang lainnya, maka akan dapat membuat seseorang tersebut merasa tidak berdaya untuk melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Sebenarnya tipe stress pencetus dari kondisi ini ada berbagai macam namun tergantung pada tipe orangnya. Beberapa kondisi yang dapat mencetuskan gangguan ini adalah:

    • Perceraian atau baru saja menikah
    • Kehilangan seseorang yang sangat dicintai
    • Kehilangan pekerjaan
    • Menjadi korban dari suatu tindakan kriminal
    • Mengalami suatu kecelakaan
    • dsb

    Untuk kondisi Anda, mungkin sebaiknya segera konsultasikan pada dokter spesialis kesehatan jiwa atau pada psikolog untuk dapat dilakukan penanganan yang tepat bagin Anda agar tidak terjadi perburukan dari keluhan Anda. Karena bila seseorang secara bertahap tidak dapat mengatasi segala stress yang terjadi, bukan tidak mungkin Anda akan dapat berada pada tahap tersebut. Jadi lebih baik dilakukan pencegahan sedini mungkin. Dan bila memungkinkan, pada saat ada sesuatu hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda atau Anda merasa kesal, lakukan langkah relaksasi dengan menarik nafas panjang melalui hidung dan tahan selama 3 detik, lalu hembuskan. Lakukan hingga Anda merasa lebih tenang dan dapat berpikir kembali dengan baik sebelum melanjutkan aktifitas Anda dan menghadapi stress yang timbul.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati