Tanya Dokter

  • pengobatan pada penderita sindrome nefrotik

  •  ogut
    Anggota
    Dok...saya terkena panyakit sindrome nefrotik berat badan saya 67kg obat yg saya konsumsi, cellcept 500mg, cavitd3, methylprednisolon 16mg, sekarang berat badan saya sudah turun jdi 48kg...apakah dosis obat yg sy konsumsi saya turunkan atw masih dengan dosis yg sama...? Mohon petunjuknya dok...soalnya dokter yg sy tempati berobat jauhh dari daerah saya,,,
    ogut  ogut
    Anggota
    Balas dong...please
    ogut  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ogut,

    Sindroma nefrotik (SN) adalah suatu kondisi dimana terjadi kebocoran protein dalam urin, kadar lipid darah tingi, kadar albumin dalam dara rendah, dan terdapat pembengkakan tubuh. Secara garis besar sindroma nefrotik terbagi mejadi 2 berdasarkan penyebabnya yaitu:

    • Kelainan ginjal: nefropati perubahan minial, glomerulosklerosis fokal, nefropati membran, nefropati herediter
    • Kelainan sekunder / organ lain: diabetes, lupus, amiloidosis, ifeksi virus, preeklamsia

    Penanganan SN bergantung pada penyebab SN serta perkembangan kondisi pasien. Oleh sebab itu dibutuhkan pemantauan dan pengawasan kondisi pasien oleh doter secara rutin. Beberapa obat yang bisa diberikan pada SN yaitu kortikosteroid, imunomodulator, serta obat penunjang lain bila perlu.

    Kami sarakan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang merawat Anda karena sudah ada perubahan yang cukup signifikan. Dosis pengobatan SN akan berubah secara berkala mengikuti respon terapi Anda. Jika dokter yang merawat Anda jauh, untuk sementara, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat di lingkungan Anda.

    Beberapa anjuran yang bisa Anda lakukan yaitu:

    • Batasi konsumsi garam
    • Batasi konsumsi protein
    • Batasi minum sesuai anjuran dokter yang merawat
    • Jangan mengubah dosis obat tanpa anjuran dokter

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Sindroma nefrotik

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y