Tanya Dokter

  • pengobatan sinus yang kambuh

  •  Muhamad Amar
    Anggota

    Saya pernah kena sinus beberapa bln yang lalu sakit di daerah mata yg sangat sakit.....sudah dirawat selama 2hari di rumah sakit.sudah CT scan juga.....cuma penangannya hanya dengan obat......sampai sekarang saya hidung saya tersumbat bergantian.....bagaimana cara pengobatannya dok????

    Hello, Apakah sinusitis yang Anda rasakan sudah sembuh? Apakah yang dokter Anda jelaskan sewaktu dilakukan perawatan? Sinusitis memiliki prognosa yang berbeda-beda bergantung pada penyebabnya. Jika sinusitis yang disebabkan oleh virus maka dapat sembuh dengan tanpa membutuhkan intervensi yang spesifik. Jika disebabkan oleh infeksi yang berasal dari gigi maka dibutuhkan perawatan giginya. Jika disebabkan oleh polip maka membutuhkan pengangkatan polip tersebut, dan lainnya. Anda dapat mengakses laman berikut guna mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai sinusitis : http://www.alodokter.com/sinusitis/ Namun untuk gejala hidung tersumbat, Anda dapat menanganinya dengan mengkonsumsi obat dekongestan yang berlogo lingkaran biru seperti pseudoefedrin atau phenylpropanolamine di apotik secara bebas terbatas, yang artinya jika dalam 3 hari gejala yang Anda rasakan masih menetap atau berulang, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Obat-obat yang dijual bebas terbatas tersebut dapat berpotensi memberikan efek samping yang cukup berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Selain mengkonsumsi obat, Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut :

    1. Hindari debu dan asap
    2. Hindari dingin
    3. Gunakan air hangat ketika mandi atau melakukan aktivitas sehari-hari
    4. Istirahat yang cukup
    5. Makan makanan yang mengandung sayur dan buah-buahan
    6. Minum air hangat yang cukup
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai pilek secara lebih detail : http://www.alodokter.com/pilek dan laman yang berkaitan dengan bersin-bersin : http://www.alodokter.com/sambiloto-dan-penyakit-pilek http://www.alodokter.com/menahan-bersin-bisa-berbahaya Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean