Tanya Dokter

  • Sakit kepala, nyeri pada mata dan hidung

  •  Meirissya
    Anggota
    Sore dok saya meirissya umur saya 21 tahun. Saya suka tiba tiba sakit kepala terkadang kanan saja atau kiri saja. Lalu merasakan nyeri di mata, hidung, leher serta otot dibalik tulang scapula di bahu belakang. Setelah itu hidung saya mengeluarkan cairan putih tidak kental dan berbau. Apakan itu sinus?

    Halo Meirissya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dapat saja mengarah ke sinusitis, yaitu suatu Peradangan atau pembengkakan jaringan dinding yang melapisi sinus, di mana Sinus merupakan ruang berisi udara dibelakang telinga, hidung, dan pipi serta diatas mata, yang saling terhubung.

    Penyakit ini terjadi jika Sinus tersumbat dan berisi cairan, bukan udara. Akibatnya, mikroorganisme seperti bakteri/ virus/ jamur pun tumbuh dan menyebabkan infeksi, yang pada akhirnya memicu gejala sakit kepala, hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung.

    Akantetapi selain oleh karena sinusitis, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : tubuh sedang menderita flu atau pilek, sakit kepala tegang, gangguan kesehatan pada gigi, sakit kepala cluster, infeksi pada telinga, migrain, dan lain sebagainya.

    Jika hal ini sudah sering Anda alami dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka untuk memastikannya, kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, endoskopi THT, rontgen sinus, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SINUSITIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati