Tanya Dokter

  • Solusi agar sinusitis bisa sembuh total

  • sinusitis. dok ibu saya mengalami sinusitis, beliau mengalami pusing yang berlebihan dan di hidung sebelah kiri (possisi  memegang hidung). beliau merasakan hidung tersebut tdak aktif, hanya saja hidung beliau mengeluarkan lendir yang bercampur dengan darah. itu sewaktu waktu dan setiap hari. mohon solusinya dok. untuk penyakit ibu saya. dan bagai mana supaya penyakit ibu saya bisa diangkat. dan sembuh total. diketahui itu sinus karena udah melakukan xitiscan, terimakasih mohon solusinya untuk penyakit ibu saya.

    Halo, Sinusitis adalah peradangan pada sinus paranasal, yaitu rongga-rongga dalam tulang kepala, yang normalnya berisi udara. Dalam keadaan tertentu, misalnya peradangan atau infeksi berulang pada hidung, sinus paranasal dapat turut mengalami peradangan. Sinusitis disebut akut jika berlangsung kurang dari 4 minggu, dan disebut kronis jika sudah berlangsung lebih dari 12 minggu. Pengobatan sinusitis Pada sinusitis akut, prinsip pengobatannya adalah dengan mengurangi keluhan demam, dengan penggunaan obat pereda nyeri dan demam seperti paracetamol atau ibuprofen, serta dekongestan untuk mengurangi rasa tersumbat pada hidung. Penanganan sinusitis kronis pada prinsipnya adalah dengan menghilangkan radang dan mengurangi pembengkakan dalam hidung, meminimalisir pengumpulan cairan dalam sinus, serta mencegah dan mengatasi infeksi kuman dalam sinus. Obat-obatan dan penanganan yang akan dilakukan dokter diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Obat anti radang steroid
    • Antibiotik
    • Iirigasi hidung.
    Apabila dengan obat-obatan tersebut gagal dan keluhan masih tidak membaik, maka direncanakan untuk penanganan dengan operasi. Umumnya keluhan sinusitis berat yang telah berlangsung lama dapat diselesaikan dengan jalan operasi. Berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan:
    • Kompres air hangat pada bagian wajah yang nyeri
    • Menghirup uap panas
    • Beristirahat cukup
    • Mengkonsumsi obat demam dan pereda nyeri seperti paracetamol
    Untuk mendapatkan penanganan yang terbaik, sebaiknya Anda mengunjungi dokter ahli THT, agar dapat segera memperoleh penanganan yang tepat sesuai kondisi. Semoga membantu, dr. Agatha