Tanya Dokter

  • Sinusitis

  • Assalamualaikum dok, saya mau tnya. Klo penyakit sinusitis sudah terjadi komplikasi dgn penglihatan dan membuat mata kiri menjadi Min >8 itu nanti klo selesai operasi dan sembuh, apakah bisa sembuh juga..? Akan kah juga masih bisa merambah ke yg mata kanan..? Akan kah mengakibatkan komplikasi ke yg lain juga...? Dan ter akhir 1 lagi akan kah menular ke anaknya..? Terimakasih dok,maaf tanya banyak"

    Halo Fahrul Shidiq Handita

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Sinusitis merupakan adanya peradangan pada rongga sinus yang terletak di belakang pipi dan dahi. Pada manusia terdapat 4 rongga sinus. Faktor pemicu munculnya sinusitis biasanya karena pilek, infeksi virus, infeksi jamur, infeksi gigi dan merokok. Pada umunya gejala yang timbul berupa demam, sakit kepala, hidung tersumbat sehingga terjadi penurunan fungsi Indra penciuman, keluar cairan kuning atau hijau dari hidung, napas berbau dan nyeri pada wajah terutama bila ditekan. Untuk mendiagnosis sinusitis harus dilakukan oleh dokter spesialis THT yang akan dilakukan serangkaian pemeriksaan yaitu berupa pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti CT-Scan. 

    Penyakit sinusitis harus segera diobati, karena jika tidak dapat menyebabkan komplikasi sekunder yaitu meningitis apabila infeksi menyebar ke dinding otak, kerusakan Indra penciuman, memicu terjadinya infeksi kulit dan tulang, serta menurunnya fungsi penglihatan bahkan bisa sampai buta. 

    Sebaiknya tetap pastikan kembali dengan pemeriksaan dokter apakah penurunan fungsi penglihatan karena komplikasi sinusitis atau karena ada kelainan yang sumbernya dari mata. Karena beda penyebab, beda pula cara pengobatannya.

    Fungsi penglihatan dapat kembali seperti semula atau tidak berdasarkan dari pengobatan yang dilakukan. Apabila diagnosa dapat ditegakkan secara cepat dan segera diberikan pengobatan maka dapat mencegah penurunan fungsi penglihatan dan ancaman komplikasi lainnya. Untuk pastinya sebaiknya Anda dapat menanyakan secara langsung ke dokter yang telah memeriksa Anda, karena dokter tersebut lebih mengetahui kondisi Anda. 

    Semoga bermanfaat, dr. Asri