Tanya Dokter

  • Cara meredakan pilek pada penderita sinusitis

  •  Nisa Facma
    Anggota

    Selamat malam dokter.. nama saya nisa, saya 19 tahun dok,.saya ingin bertanya mengenai penyakit sinusitis dok. Waktu umur 14 tahun saya ke dokter THT, saya dibilang kena sinusitis dok. Trus saya dikasih resep spray "Avamys Fluticasone Furoate" apa tidak apa2 jika spray itu dipakai trs dok.. krna saya hampir pilek tiap hari.. dan apakah sinnusitis ini bisa dosembuhkan dok? Agar pilek saya berkurang.. kalo mau tidur atau subuh hidung saya sering tersumbat dok.. mohon dijawab ya dok.. trmksh dokter..

    Halo, Sebaiknya Anda tidak menggunakan spray tersebut terus-menerus kecuali bila ada indikasi. Spray tersebut berisi fluticasone, merupakan salah satu obat dari golongan kortikosteroid yang berfungsi mengatasi alergi dan inflamasi akibat sinusitis atau alergi. Efek samping yang umum terjadi dari spray fluticason adalah iritasi hidung atau rasa kering di hidung. Dari gejala yang Anda paparkan, pilek setiap hari tidak selalu disebabkan sinusitis tetapi bisa juga disebabkan oleh influenza akibat virus maupun rhinitis alergi. Sinusitis merupakan peradangan rongga sinus yang dapat terjadi pada individu yang memiliki faktor risiko berikut ini:

    • memiliki rhinitis alergi
    • tulang hidung yang miring
    • memiliki polip di hidung
    • flu terus-menerus
    Sinusitis disembuhkan dengan mengatasi faktor yang menjadi penyebabnya. Jika sinusitis terjadi pada individu yang memiliki polip, ketika sinusitis muncul kemudian diobati, sinusitis akan sembuh, tidak menutup kemungkinan sekali waktu saat daya tahan tubuh individu tersebut melemah, sinusitis tersebut akan kambuh kembali. Agar tidak mudah kambuh, polip hidung tersebut juga harus diangkat. Kenalilah faktor risiko sinusitis Anda dan diskusikan dengan dokter THT mengenai gejala yang Anda alami tersebut. Pemeriksaan seperti tes darah dan foto rontgen sinus kadang-kadang dibutuhkan untuk menunjang diagnosis. Sebaiknya Anda juga menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, makan-makanan yang mengandung nutrisi dan menghindari polusi asap rokok, kendaraan. Artikel ini dapat membantu: Sinusitis Semoga menjadi jelas, dr.Miranti Iskandar