Tanya Dokter

  • Pengobatan penyakit sinusitis

  • Assalamu'alaikum.. Dok, Saya punya penyakit sinusitis setiap 1 bulan Saya harus balik kerumah sakit untuk Kontrol sinus Saya karena sinusitis Saya sudah menebal, dan obat yang diberikan selalu sama .. Pertanyaannya apakah ada cara menyembuhkan sinusitis selain menggunakan obat? Dan apakah hasil ya akan sama apabila Saya meminum obat dengan operasi?

    Shavira Febrianti  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Shavira, Sinusitis atau peradangan pada dinding sinus atau rongga yang berada pada daerah wajah memiliki gejala yang terbagi-bagi yaitu:

    • Sinusitis akut, dimana gejala timbul mendadak dan bertahan hingga beberapa minggu seperti sakit kepala, nyeri pada wajah, pipi, hidung, dahi dan penciuman menjadi terganggu, batuk, demam dan juga kelelahan
    • Sinusitis subakut, peradangan sinus yang bertahan selama 1 - 3 bulan
    • Sinusitis kronis jika bertahan lebih dari 3 bulan dengan gejala hidung beringus, tersumbat dan nanah di rongga hidung dapat berubah warna dan juga wajah terasa penuh. Bila timbul demam, kemerahan, bengkak di sekitar mata dan dahi serta sakit kepala hebat maka sinusitis menjadi memburuk
    Penanganan sinusitis sendiri berbeda tergantung pemicunya, jika dipicu oleh alergi maka diperlukan tindakan untuk menghindari pemicu alergi agar sinusitis tidak kambuh. Dekongestan, semprotan hidung, dan pereda sakit juga diberikan untuk mengurangi gejala yang timbul. Pada sinusitis kronik jika pengobatan dan penanganan lain tidak membaik maka dokter akan melakukan tindakan salah satunya adalah operasi dimana dilakukan pembersihan saluran sinus dan apabila  terdapat polip hidung yang menyumbat saluran sinus maka akan dilakukan pengangkatan. Operasi ini bertujuan untuk mengosongkan sinus dan membuka saluran dari sinus agar tidak terjadi penumpukan dan peradangan. Konsultasikan kembali kondisi Anda pada dokter ahli telinga hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan ulang apakah perlu dilakukan operasi atau tidak. Baca juga artikel mengenai penanganan sinusitis di rumah. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.