Tanya Dokter

  • Penyebab, batuk, flu dan sakit kepala

  •  Noer
    Anggota
    Hallo dok.. Saya mau tanya, saya sudah 3 minggu flu dan batuk, kepala depan belakang terasa sakit seperti ditarik tarik dan berat, nyeri, wajah dan dahi serta daerah hidung. Terkadang demam jika sakit kepalanya. Keluar cairan ingus warna kuning. Dulu saya pernah ke dokter THT. Katanya saya mungkin terkena sinusitis dan ada benjolan seperti daging/polip. Tapi harus rontgen untuk kepastian. Jadi ini apakah benar benar sinusitis? Sinusitis jenis apa dok? Saya harus bagaimana sebaiknya untuk sembuh? Saya takut kalau mengarah ke meningitis. Terima kasih dokter.

    Halo Noer.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada kepala dan juga flu / batuk yang berkepanjangan, memang dapat saja mengarah ke sinusitis.

    Sinusitis sendiri merupakan suatu Peradangan atau pembengkakan jaringan dinding yang melapisi Sinus, dimana Sinus merupakan ruang berisi udara di belakang telinga, hidung, dan pipi serta diatas mata, yang saling terhubung.

    Penyakit sinusitis terjadi ketika Sinus tersumbat, dan berisi cairan bukan udara. Penyakit ini umumnya timbul oleh karena mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, yang akhirnya tumbuh dan menyebabkan infeksi.

    Akan tetapi selain oleh karena sinusitis, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : pilek / flu, migrain, infeksi pada telinga, sakit kepala tegang, sakit kepala klaster, meningitis, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini sakit kepala dan juga keluhan yang lain masih saja terjadi atau semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang Kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian hidung, tes darah, endoskopi THT, rontgen sinus, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SINUSITIS

    Demikian penjelasan dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    @dr.jati