Tanya Dokter

  • Mengatasi sinusitis dan polip

  •  Cessa
    Anggota

    Dok, saya punya penyakit bawaan yaitu asma. Saya alergi makanan tertentu, debu, dan suhu dingin. Saat masih SMP saya sering pilek dan sampai sekarang (2 atau 4 tahun kemudian) setiap malam hidung mampet. Setelah saya periksa, ternyata saya menderita sinusitis. Saat saya berkaca ternyata ada daging yang tumbuh di dalam hidung (polip?). Apa yang sebaiknya saya lakukan? Apa bahaya penyakit yang saya derita? Bagaimana pengobatan yang cocok?

    Hai, Yang perlu dilakukan adalah ke dokter THT untuk memastikan apakah benar daging yang tumbuh itu adalah polip. Pemeriksaan yang dapat untuk memastikan suatu polip adalah pemeriksaan hidung secara langsung, Sinar X, endoskopi atau CT Scan. Polip adalah suatu massa lunak yang terjadi akibat peradangan mukosa hidung. Penyebab pasti belum diketahui. Tetapi diduga dipicu oleh rhinitis alergi, infeksi atau asma. Kortikosteroid tablet atau dalam bentuk semprot hidung dapat diberikan untuk mengobati polip. Jika dengan obat tidak sembuh, maka dilakukan pembedahan. Sinusitis dan asma dapat dipicu oleh alergi. Pengobatan utama terhadap alergi sendiri adalah menghindari pemicu alergi tersebut. Obat-obatan yang diberikan bersifat untuk mengurangi gejala yang ada. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah :

    1. Kenali pemicu pasti alergi
    2. sering membersihkan rumah terutama ruangan yang sering digunakan untuk menghindar dari tumpukan debu atau tungan debu
    3. menjaga sirkulasi udara pada setiap ruangan baik
    4. menghindar dari makanan yang menimbulkan alergi
    5. menggunakan baju lengan panjang atau pakaian yang agak tebal saat udara dingin
    6. Dapat konsumsi obat antihistamin, dekongestan atau kortikosteroid untuk mengurangi gejala. Obat-obat ini sebaiknya dikonsumsi sesuai anjuran dokter.
    Salam, dr. Agnes Maureen