Tanya Dokter

  • Penyembuhan sinusitis yang disebabkan oleh gigi graham yang bolong

  •  Novia Nur R
    Anggota

    Dok, saya perempuan 22 tahun pertama kali menderita sinusitis sejak 19 tahun. Di bulan pertama saya sudah pernah melakukan operasi kecil utk penyedotan lendir. Beberapa bulan kemudian saat terkena flu lagi, kambuh lagi dan berakhir dengan solusi operasi penyedotan kembali, namun kali ini dgn operasi besar (bius total). Sampai saat ini terasa sekali bagi saya sbg penderita sinusitis setiap harinya terutama saat terkena flu, tp tidak sampai melakukan operasi seperti 2 tahun lalu.

    Menurut dokter, salah satu penyebab sinusitis saya adalah gigi graham atas yang bolong dan membusuk. Memang gigi saya tsb bolong sudah lama sekali, sejak saya kecil, namun tdk pernah menimbulkan rasa sakit berarti, pdhl bolong yg ada sudah dalam sekali. Dokter menyarankan agar saya cabut gigi saya tsb dgn bedah mulut.

    Pertanyaan saya, apa memang solusi satu-satunya penyembuhan sinusitis saya ini dengan cabut gigi tsb dok?

    Hai Ya. Salah satu penyebab dari sinusitis adalah infeksi pada gigi graham atas, dimana akar dari gigi graham atas terkadang sampai pada bagian rongga sinus, sehingga bila terjadi infeksi pada gigi tersebut maka infeksi dapat menjalar pada rongga sinus tersebut. Namun apakah ini merupakan penyebab dari sinusitis atau bukan, gigi yang bolong dan bahkan sampai membusuk memang dibutuhkan penanganan dikarenakan juga dapat menimbulkan infeksi pada sekitar seperti gigi sekitarnya, tulang rahang, atau penjalaran infeksi melalui pembuluh darah dimana salah satu risiko yang ditakutkan adalah terjadinya tetanus dan infeksi pada jantung. Bila Anda sering pilek, salah satu pemicu dari sinusitis berulang adalah alergi yang menyebabkan gejala pilek dimana bila terjadi penumpukan lendir dalam rongga sinus akan mengakibatkan sinusitis. Informasi mengenai penyebab sinusitis dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab sinusitis Alergi dapat memicu sinusitis? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Novia Nur R  Novia Nur R
    Anggota

    Terima kasih banyak atas penjelasannya, dok.. Jadi menurut dokter, penyebab infeksi sinus saya ini dari infeksi gigi. Pertanyaan saya (lagi) dok, kalau penanganan cabut gigi ini bisa menghilangkan infeksi gigi, infeksi pada sinus juga ikut hilang/sembuh?

    Hai Novia Bila memang penyebab dari infeksi sinus adalah infeksi gigi maka dengan pencabutan gigi yang infeksi akan meredakan infeksi dari rongga sinus tersebut. Namun banyak faktor penyebab dari sinusitis sehingga tidak dapat dipastikan. Semoga membantu ya. Terima kasih.

    Novia Nur R  Novia Nur R
    Anggota

    dr. Yan William August 17, 2015 at 8:21 pm Hai Novia Bila memang penyebab dari infeksi sinus adalah infeksi gigi maka dengan pencabutan gigi yang infeksi akan meredakan infeksi dari rongga sinus tersebut. Namun banyak faktor penyebab dari sinusitis sehingga tidak dapat dipastikan. Semoga membantu ya. Terima kasih.
    Terima kasih banyak atas penjelasannya dok.. Semangat terus utk dokter menyehatkan Indonesia. :)