Tanya Dokter

  • Sirkulasi haid tidak lancar

  • Salam kenal, saya arni usia 27 thn setelah lepas kb sutik 3 bulan tapi silkulasi haid saya malah ngga lancar. Saya ingin segera hamil, tapi saya malah sering haid dan malah sekarang flek hitam dan perut bagian v aga sakit. Untuk sakit perutnya jarang hanya sesekali tapi fleknya udh 2 bulan ini sering flek kenapa ya dok, saya kesokter kandungan tapi hanya dikatakan faktor hormon, tapi saya sedikit khawayir karna saya ingen memiliki anak lagi, takutnya mempengaruhi proses saya memiliki momongan Mohon solusinya dok Terimakasih sebelumnya

    Dear Arni,

    Menstruasi yang normal adalah menstruasi yang terjadi setiap 21-35 hari sekali dan setiap siklusnya berlangsung selama dua hingga tujuh hari. Volume menstruasi normal berkisar antara 10-80 mL setiap siklusnya. Menstruasi yang terjadi lebih sering atau terjadi perdarahan di luar siklus menstruasi dapat disebabkan oleh:

    - ketidakseimbangan hormonal
    - erosi vagina
    - kista ovarium
    - infeksi saluran telur
    - endometriosis
    - radang panggul
    - gangguan pembekuan darah
    - kanker serviks- dan sebagainya.

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Tes penunjang seperti tes darah dan USG dapat dokter anjurkan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    - konsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur
    - tetap waspada akan risiko anemia karena kehilangan lebih banyak darah
    - minum air putih dalam jumlah cukup minimal 10 gelas setiap hari
    - kelola stres dengan bijak
    - cukup beristirahat dan tidur berkualitas

    Artikel yang dapat Anda baca:

    Mewaspadai menstruasi yang tidak normal

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya