Tanya Dokter

  • Manfaat temulawak untuk penyakit sirosis hati

  •  farfut
    Anggota
    Sore dok.. saya ingin bertanya ayah saya mengidap penyakit sorosis hepatis sekitar 1bulan dan lagi dirawat di RS. Kata orang dok, minum temulawak bisa menyembuhkan sirosis hati apakah boleh dianjurkan atau tidak?.. terimakasih dok :)

    Halo farfut.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa sirosis merupakan suatu kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.

    Kerusakan pada hati yang disebabkan oleh sirosis tidak dapat diperbaiki dan bahkan dapat menyebar lebih luas sehingga menyebabkan hati tidak bisa berfungsi dengan baik, kondisi inilah yang sering disebut dengan istilah gagal hati.

    Sirosis tidak dapat disembuhkan. Pengobatan dilakukan hanya untuk menghambat perkembangan penyebab dasar yang mengakibatkan munculnya Sirosis sejak awal. Selain itu, pengobatan dilakukan untuk memperlambat kerusakan jaringan hati, serta menangani gejala dan juga komplikasi muncul akibat sirosis.

    Tips untuk Ayah Anda : stop merokok dan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, turunkan berat badan jika obesitas, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, makan tiga sampai dengan empat kali dalam sehari dengan porsi kecil setiap harinya, jalani gaya hidup bersih, vaksinasi, hindari mengkonsumsi obat bebas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati