Tanya Dokter

  • Penyebab tenggorokan terasa nyeri

  • Halo dok sy mau tanya kerongkongan sy trsa sakit,,dan awal nya itu teng gorokan sy gatal trus sakit tp hilang dok udh gk skt lg dan wktu sakit itu leher sy bengkak kyk ada benjolan gtu tp gk lari benjolan nya dok klo di pegang tp sakit,, bru udh brpa hari ne di pegang gk sakit lg tp msh bengkak dok,,,trus klo sy mw tidur terlentang gtu atau bngun dri tdr sy trsa ngilu gtu dok,,klo mw duduk atau pn berdiri lg trsa skit dan ngilu dok,,dan sering ngilu tiba2 dok rasa nya ngilu skit sekaligus gatal dok itu knpa ya dok???mohon jawaban dan saran nya ya dok mksih dokter,,,

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Nyeri pada tenggorokan yang disertai dengan adanya benjolan pada umumnya disebabkan oleh karena adanya peradangan pada tenggorokan / faringitis. Sebagian besar kasus disebabkan oleh karena virus dan lainnya disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini dapat sembuh tanpa pengobatan khusus dalam waktu 3-7 hari. Selain itu, ada beberapa kondisi yang dapat menimbulkan keluhan yang serupa seperti :

    • Peradangan pada tonsil / tonsilitis
    • Abses atau terbentuknya kantong berisi nanah pada tonsil atau tenggorokan
    • Iritasi tenggorokan akibat asap dan polusi
    • Infeksi virus seperti flu

    Untuk menentukan penyebab dari kondisi Anda diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Sementara itu sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih, hindari minuman atau makanan dingin dan mengandung pengawet, hindari gorengan, konsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol jika terasa nyeri berlebih.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti