Tanya Dokter

  • ciri-ciri dan penanganan pada penderita skizofrenia

  • dari ciri2 skizofrenia yg sdh saya baca trnyata pernah di alami dan sering .. dan org lain pun melihat saya jd brubah drastis dri cara perilaku dan sebagainya . tapi saya juga menyadari hal itu . apakah saya harus periksakan ?

    Halo, Terimakasih telah bertanya pada Komunitas Alodokter. Untuk kondisi yang Anda khawatirkan, hal ini perlu dipastikan terlebih dahulu melalui berbagai macam pemeriksaan dan evaluasi untuk bisa menentukan gangguan yang Anda alami. Skizofrenia sendiri pada dasarnya berarti gangguan mental kronis yang memiliki tanda khas berupa kesalahan isi pikir yang diyakini secara utuh oleh penderitanya, dan hal ini mempengaruhi gaya bahasa, persepsi, bahkan jati dirinya, dapat dipengaruhi oleh beban mental yang diderita, pendidikan, cara menghadapi masalah, tekanan sosial, dll. Penderita umumnya tidak akan merasakan adanya keanehan dalam dirinya, dan betul-betul meyakini isi pikirnya, penderita juga akan mengalami halusinasi, delusi, ilusi dan biasanya tampak datar secara emosi. Keyakinan dan isi pikir penderita skizofrenia akan tampak sangat aneh dan tidak masuk akal bagi orang lain yang mendengar atau melihatnya. Penderita juga tidak menyadari atau merasa salah, dan tidak akan merasa membutuhkan bantuan apapun. Anda perlu membedakan mana yang dimaksud dengan skizofrenia, dan gangguan lainnya, berbagai macam gejala dari skizofrenia yang ada, bisa berdiri sendiri-sendiri dan berkaitan dengan berbagai macam penyebab lainnya, skizofrenia sendiri adalah sebuah kumpulan gejala, jadi ada syarat-syarat diagnosisnya. Stres, trauma psikis, beban atau tekanan sosial, masalah disekitar, perubahan tanggung jawab, dll, dapat menjadi pencetus perubahan kepribadian seseorang, tidak berarti seseorang lantas masuk ke dalam fase skizofrenia. Untuk memastikannya, ada baiknya bila Anda berkonsultasi secara langsung dengan ahli kesehatan jiwa (psikiater), agar bisa diakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi mental dan kesehatan jiwa Anda, sehingga bisa diketahui gangguan yang Anda derita dan bagaimana cara mewaspadai dan menanggulanginya. Saat ini yang dapat Anda lakukan:

    • Mencukupi istirahat
    • Hindari pikiran-pikiran negatif
    • Alihkan stres pada kegiatan yang lebih positif
    • Berolahraga secara rutin dan teratur
    • Menceritakan masalah yang Anda hadapi pada kerabat terdekat yang Anda percaya
    • Menyusun skala prioritas untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi satu persatu berdasarkan tingkat kepentinganna
    • Kunjungi psikiater
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.   Berikut informasi yang dapat Anda baca: Skizofrenia Gangguan Kepribadian   Salam, dr. Allert