Tanya Dokter

  • Penyebab skizofrenia berulang

  •  Tiara Mentari
    Anggota
    Pagi dokter. Keluarga sy didiagnosis menderita skizof. Selama 4 bulan(juni juli agustus oktober) dikasih abilify dosis 10 mg. Kmudian selama 3 bulan dikurang jadi 5 mg(november desember januari. Kemudian kambuh lg dok bulan februari ini. Hal ini apa dikarenakan si pasien stress atau karena dosisnya dikurangi?

    Selamat pagi,

    Skizophrenia merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk membedakan kenyataan dengan khayalannya. Biasanya seseorang yang terkena skizophrenia mengalami perubahan perilaku yang drastis dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Sampai saat ini, dunia kedokteran belum menemukan penyebab jelas dari gangguan mental ini. Yang mungkin dicermati adalah pemicu yang memunculkan gangguan jiwa. Terdapat beberapa faktor pemicu terjadinya skizophrenia seperti faktor genetik, tipe kepribadian dan lingkungan.

    Biasanya orang dengan Skizophrenia membutuhkan pengobatan jangka panjang. Penurunan dosis obat atas pertimbangan Dokter pastilah sudah melalui analisis medis yang memadai, biasanya didasarkan atas menurunnya gejala gangguan jiwa yang saudara Anda alami. Maka yang mungkin menyebabkan kekambuhan adalah faktor pemicu lain, tersering adalah tekanan emosional.

    Perlu berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa(Psikiater) untuk menentukan faktor apa yang menyebabkan kekambuhannya.

    Lebih lengkap mengenai Skizophrenia dapat Anda baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Yang bisa Anda lakukan bagi saudara Anda adalah  memberikan support mental dengan menerima Ia apa adanya. Ajak saudara Anda lebih banyak melakukan aktivitas fisik di alam terbuka, ajak Ia lebih banyak berkumpul dengan teman sebaya yang melakukan kegiatan positif dan bersikap positif terhadap dirinya. Dampingi Ia untuk mempraktekkan pola hidup sehat dan mengelola stress dengan baik.

    Berikut artikel Alodokter yang dapat membantu Anda mendukung kesehatan jiwa saudara Anda:

    Tiara Mentari  Tiara Mentari
    Anggota
    Baik dokter. Terimakasih untuk jawabannya dokter