Tanya Dokter

  • penyebab dan pengobatan skizofrenia

  •  mubarok
    Anggota
    Pagi dok, apakah orang yang mengidap skizofrenia itu suka ketawa2 sendiri, orangnya aneh, tapi kalo sosialisasi masih nyambung terkadang bikin saya emosi, bagaimana cara agar dia bisa seperti orang normal lagi.. obat risperidon pun sudah diminum selama 6 tahun tapi tingakahnya kadang2 masih begitu

    Halo Mubarok terimakasih atas pertanyaannya ke alodokter

     

    Pertama-tama anda perlu mengerti bahwa penyakit psikis disebabkan karena ketidakseimbangan senyawa kimiawi di dalam otak. analogi yang mudah adalah penyakti diabetes. seseorang dengan penyakit diabetes memiliki gangguan pembentukan hormon insulin dari kelenjar pankreas, sementara itu seorang dengan penyakit skizofrenia memiliki gangguan tingginya kadar dopamin pada otak. pada orang dengan penyakit bipolar memiliki gangguan kadar serotonin pada otak, dan lain sebagainya. oleh karena itulah pentingnya peran dari obat-obatan, untuk mengontrol kadar senyawa kimia di atas.

    diagnosis dari penyakit psikis harus melalui evaluasi sebagai berikut:

    1. menyingkirkan kemungkinan penyakit medis

    2. menyingkirkan efek samping obat: steroid, narkotika, dan lain sebagainya

     

    ketika diagnosis ditegakkan, maka perlu dilakukan psikoterapi yang rutin dan minum obat yang sesuai. obat psikiatri bermacam-macam walaupun berada dalam 1 golongan. misalnya, risperidone satu golongan dengan quetiapine, clozapine, aripriprazole, dan lain sebagainya. Kerja sama antara dokter psikiatri dan pasien sangat diperlukan untuk menemukan obat yang terbaik, ini merupakan suatu "trial and error". Memastikan bahwa pasien mengonsumsi obat dengan rutin pun sangat penting.  Kemudian pada akhirnya, pada beberapa kasus, penyakit sangat persisten sehingga pemulihan secara sempurna memang sulit untuk dicapai.

     

    demikian jawaban saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia