Tanya Dokter

  • Skizofrenia

  • Halo dokter saya ingin bertanya skizofrenia itu bagaimana?gangguan kejiwaan yang bagaimana? Mohon penjelasannya

    Halo,   Skizofrenia adalah suatu kondisi kronis (> 6 bulan ) kesehatan mental yang terganggu dan melibatkan gangguan pada pola pikir, emosi dan perilaku (sikap dan tingkah laku) seseorang yang ditandai dengan timbulnya gejala positif dari skizofrenia yaitu :

    1. Halusinasi = merasakan (mendengar, melihat) sesuatu yang tidak ada.
    2. Delusi = Keyakinan yang kuat akan sesuatu yang tidak benar (waham)
    3. Pikiran yang kacau karena halusinasi dan delusi yang dimilikinya
    4. perubahan prilaku menjadi pasif atau agresif.
    Sementara gejala lain (gejala negatif) dari skizofrenia adalah :
    1. prilaku menarik diri dari lingkungannya
    2. kesulitan tidur susah konsentrasi
    3. Kesulitan bicara
    4. Kehilangan minat (malas) berhubungan dengan orang lain.
    5. Tidak bisa merawat diri
    6. Emosi datar = tidak bisa merasakan emosi orang lain (apatis)
    Usia rentan terkena skizofrenia adalah berkisar 15 tahun - 35 tahun. Penyebab skizofrenia itu sendiri masih belum jelas namun beberapa ahli menyimpulkan kombinasi antara faktor genetik dan lingkungan menjadi faktor pemicu dari timbulnya skizofrenia.   Mendiagnosa skizofrenia bisa dilakukan oleh seorang psikolog / psikiater dengan melakukan pengamatan dan melihat tanda gejala positif dan negatif skizofrenia pada seseorang yang dicurigai menderita penyakit mental ini. Menangani skizofrenia membutuhkan kombinasi dari :
    1. terapi obat obatan = haloperidol, risperidone, dll
    2. terapi psikologis = terapi individual dan perilaku.
    Semakin cepat skizofrenis terdeteksi maka semakin besar kecenderungan pasien untuk sembuh dan bisa hidup normal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Terima kasih dokter, saya ingin bertanya lagi, contoh halusinasi dan delusi itu gimana dok? Makasih

    Afina Permatasari  Aqsha Teguh
    Anggota

    Halusinasi (persepsi indera yang salah atau yang dibayangkan : misalnya, mendengar suara yang tak ada sumbernya atau melihat sesuatu yang tidak ada bendanya) Waham (ide yang dipegang teguh yang nyata salah dan tidak dapat diterima oleh kelompok sosial pasien, misalnya pasien percaya bahwa mereka diracuni oleh tetangga, menerima pesan dari televisi, merasa diamati/diawasi oleh orang lain, merasa ada pikiran asing yg keluar masuk otaknya, merasa pikirannya tersiar sehingga orang lain tahu, merasa memiliki kehebatan tertentu yg tdk masuk akal). • Perubahan perilaku; menjadi aneh seperti menyendiri, kecurigaan berlebihan, mengancam diri sendiri, orang lain atau lingku ngan, bicara dan tertawa sendiri, serta marah-marah atau memukul tanpa alasan. • Pembicaraan aneh atau kacau (tidak nyambung) • Keadaan emosional yang labil dan ekstrim ( iritabel )