Tanya Dokter

  • Mengenai SLE

  • Saya penderita SLE sejak tahun 2014 sudah di diagnosa tersebut. Awal saya terkena penyakit darah ini semenjak 2008 pada saat itu dilakukan pengambilan sum sum tulang belakang dan hasil nya adalah anemia aplastic bertahun tahun lamanya saya minum obat steroid hingga awal 2014 tepat nya bulan Febuari saya melakukan kembali pengambilan sum sum tulang belakang dan hasil nya Evan syndrome dan dokter menyarankan melakukan testing ana dan hasil nya +1000 yg menjurus ke SLE dan saya terapi obat cellcept jafi sebenarnya saya ini sakit apa mohon arahan nya

    Salam,

     

    Dari info yang Anda sampaiakan, semua diagnosis yang dbuat oleh dokter Anda mempunyai dasar diagnostik yaitu dari hasil emeriksaa fisik dan pemeriksaan penunjang yang sudah dilakukan. Adanya berbagai hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan serta memberikan hasil tertentu terhadap kondisi Anda merupakan sutu hal yang terjadi dan tetap memerlukan perhatian bagi Anda dan dokter yang merawatanya.

    PAda evan's sindrom, pasien mengalami gangguan autoimun yang menyebabkan kerusakan sel darah, baiak sel darah merah, trombosit, atau bahkan sel darah putih. Adanya penyakit SLE pada pasien dapat menimbukan kejadian evan's syndrom pada satu kondisi, dimana terjadi kelainan sel darah baik satu atau beberapa komponen.

    Begitu pula pada adanya anemia aplastik. Pasien dapat mengalami kegagalan pembentukan sel darah akibat supresi bone marrow, sehingga menyebaban gangguan pembentukan sel darah dan kerusakan sel darah. 

    Dengan demikian, dari riwayat perjalanan sakit yang Anda alami, semua ini kemungkinan merupakan suatu proses kejadian SLE pada individu.

    Oleh karena itu, kondisi ini tetap memerlukan pemeriksaan dan evaluasi secara berkala dan observasi secara baik untuk memastikan semua kemungkinan.

    Dan semua ini dapat diketahui dengan berdiskusi bersama dokter Anda. Dokter Anda lebih memahami proses sakit dan kondisi Anda selama ini, sehingga rencana perawtan dan penatalaksanaan dapat dilakukan. 

    Demikian info yang bisa kami sampaikan,  baca juga  SLE dan evan's syndrom serta baca juga tentang SLE.

    dr. Ulfi