Tanya Dokter

  • Solusi untuk mencegah sleep paralysis atau tindihan

  •  linda irene
    Anggota

    selamat malam dok,

    saya linda, 24 th

    saya ingin bertanya mengenai tindihan/sleep paralysis dok, seringkali saya mengalami hal tersebut. hampir 5 th saya seperti ini. kalau sudah tindihan saya tidak bisa lagi tidur dok. karena jika tidur pasti saya akan tindihan lagi. hal ini terjadi ketika tidur di malam hari saja dok. sampai saya takut mau tidur. saya harus bagaimana ya dok ? apa bisa hal seperti ini dihilangkan ? karna kalau sudah tindihan saya sulit terbangun.

    mohon bantuanya, terima kasih

    linda irene  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Linda, Sleep paralysis (ketindihan) adalah adanya perasaan sadar tetapi tidak mampu untuk bergerak. Muncul saat seseorang berada antara kondisi 'tidur' dan 'sadar' . Umumnya bukanlah suatu masalah serius dan merupakan tanda adanya peralihan stadium tidur yang tidak berjalan dengan mulus. akan tetapi pada beebrapa  kasus, meski jarang dapat menjadi tanda kemungkinan adanya masalah psikiatrik yang mendasari. Terdapat 2 jenis : 1. Hipnagogik/predormital sleep paralysis  terjadi pada saat anda akan tertidur 2. Hipnopompik/postdormital sleep paralysis terjadi pada saat anda akan terbangun (penjelasan dapat anda baca di tautannya) Terdapat beebrapa faktor resiko yang membuat orang mengalami sleep paralysis : - Kurang tidur - Pola/jadwal tidur tidak teratur - tidur terlentang - penyalahgunaan obat-obatan - penggunaan obat-obat tertentus seperti obat-obat untuk ADHD - Narkolepsi - Gangguan psikiatri seperti gangguan cemas, depresi dan bipolar Jika anda mengalami keraguan / gejala seperti rasa cemas, kelelahan, kesulitan tidur, maka sebaiknya anda menemui dokter, khususnya dokter ahli jiwa / psikiater atau dapat mengunjungi klinik tidur / spesialis tidur untuk menjalani sleep study. Jika benar-benar diperlukan terkadang dokter mungkin dapat meresepkan obat anti depresi atau obat psikiatrik lainnya (jika memang terbutki ada masalah psikiatrik yang mendasari). Beberpa hal yang perlu anda lakukan : 1. Perbaiki pola dan kebiasaan tidur, pastikan mendapat tidur 6-8 jam sehari, pada waktu yang kurang lebih sama 2. BUat tidur nyaman, jangan takut karena hal ini bukanlah suatu hal yang bersifat supranatural 3. HIndari konsumsi alkohol, rokok (nikotin), kafein menjelang tidur 4. Coba tidur dengan posisi lain (terutama jika anda terbiasa tidur terlentang) fakta medis dibalik ketindihan demikian yang dpat saya sampaikan, semoga bermanfaat.