Tanya Dokter

  • Terlambat haid pasca operasi kista

  • Assalamualaikum dokter... Maaf dok saya mau tanya nih singkat cerita Saya umur 16th dan wktu itu skitar 3minggu yang lalu saya merasa perut saya sakit sekali smpe ke ulu hati dan saya priksa di rs dan disuruh untuk opname itu dihari minggu dan saya setuju opname senin saya usg di radiologi kan dan setlah bbrpa jam saya disuruh usg kembali ttpi di dokter kandungan dan wktu usg ternyata di dalam ada kista tetapi kista tersebut sudah pecah dan cairan nya banyak sekali.. Malemnya dokter lngsng ambil tindakan saya dioprasi hari senin malam dan selasa malam badan saya drop gkbisa apa apa lalu pagi rabu saya di cek guladarah ternyata saya punya pnyakit diabetes dok... Smpe hari ini udah jlan 3mingguan pasca operasi Nah dok kmren stlah pulang dari rs saya sprti menstruasi ttpi itu hanya sedikit dan hanya 1hari pdhal bulan okt saya belom menstruasi ttpi malah saya oprasi kista trsbut nah ibi udh bulan november gimana ya dok apakah saya masih belum bisa menstruasi? Saya kepikiran aja dok kok bisa sprti ini ya? Tolong jawabanya ya dok soalnya saya bingung ... Makasih dok Wassalamualaikum

    Salam,

    Menstruasi merupakan sistem tubuh normal yang terjadi pada wanita setiap bulan. Menstruasi ini dipengaruhi oleh sistem kerja hormonal kewanitaan, sehingga bila terjadi gangguan hormon kewanitaan atau terjadi gangguan pada sistem reproduksi, maka keluhan menstruasi dapat terjadi.

    Bila bulan oktober belum haid, atau sebelum bulan oktober juga belum haid, maka kondisi ini dapat dipengaruhi oleh adanya kista pada ovarium ini. Bila kista ovarium ini sudah ditangani atau dioperasi oleh dokter, maka menstruasi kemungkinan akan terjadi setelah 1 atau 2 siklus menstruasi selanjutnya, atau sampai sistem reproduksi Anda sudah berjalan dengan baik. 

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan, apakah dinsing rahim Anda sudah mencapai ketebala yang baik, atau sistem hormon kewanitaan Anda sudah memberikan respon siklus haid yang cukup. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG dan pemeriksaan darah yang dierlukan.

    Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi