Tanya Dokter

  • mengatasi lensa kontak yang sulit dilepas dari mata

  •  noneng
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya noneng berumur 20 th . Dulu saya pernah pake softlens dan baik2 saja, beberpa bulan kemudian saya beli softlens baru pas saya pakai gk sampai 10 menit mata saya terasa panas dan perih saya langsung melepasnya tapi mata saya masih perih dan berair,setelah kejadian tersebut saya membeli lagi softlens yg baru tapi kejadian itu terulang lagi. Saya membeli sebuah produk yg katanya bisa dipakai juga untuk cairan perendem softlens .. pas saya pakai lagi softlens yg sudah saya rendam dengan cairan trsbt softlens saya malah naik ke bagian atas dan hampir mau kebelakang mata ketika saya mau lepas softlensnya menempel dengan kuat dimata saya karena kaget saya lepas dengan paksa dan akhir nya terlepas tapi mata saya terasa berat dan tidak enak dok .. mohon jawabannya saya takut.

    Halo Noneng,terimakasih atas pertanyaan anda.
    Sebenarnya softlens juga termasuk salah satu penanganan dalam medis selain menggunakan kacamata,hanya saja jika perawatan dan cara pemakaian softlens benar,maka dapat menjadi suatu alat yang praktis dan memperbaiki penampilan dibanding kacamata. Jika anda mengenakan softlens,tentu anda mengetahui bagaiman dampak dan efek samping dari pemakaian softlens,misalnya:
    1. Mata iritasi dan infeksi
    2. Keratitis (peradangan pada mata)
    3. Konjungtivitis
    4. Dry eyes syndrome (mata kering)
    Untuk cara pemakaian dan penyimpanan softlens yang benar,adalah sebagai berikut:
    1. Selalu cuci tangan sebelum dan setelah memakai softlens
    2. Rajin mencuci tempat softlens yang akan digunakan
    3. Merendam softlens di larutan yang di anjurkan
    4. Melepas softlens jika pemakaian sudah lebih dari 6 jam dan mengistirahatkan mata
    5. Tidak berbagi lensa kontak dengan orang lain
    Jika anda susah melepas lensa kontak setelah pemakaian,sangat disarankan anda mengistirahatkan mata terlebih dahulu,karena hal tersebut dapat dikarenakan mata kering,infeksi pada mata (keratitis dan konjungtivitis),ataupun produk softlens yang tidak cocok sehingga membuat mata irtitasi,jika keluhan anda berlanjut,disertai mata merah,gatal,penurunan penglihatan,anda dapat langsung segera ke dokter spesialis mata. Demikian info,salam dr. Celleen