Tanya Dokter

  • Keputihan berlebihan yang gatal dan sakit saat buang air kecil

  • Salam sejahtera dok.....nama saya asnijar..saya mau nanyak dok..empat hari yang lewat saya mengalami keputihan yang berlehihan dok. Putih dan kekuning-kuningan, gatal, tidak terlalu bau, dan karna gatalnya dok saya garut dan mengakibatkan lecet/sariawan, dan sakit buang air kecil dok. Karna terlalu sakit/nyeri saya periksakan ke klinik tanpa dokter specialis tapi dokter umum. Dan mereka memberikan obat betadin cair, betadin cebok, dan betadin biasa. Tapi sampai sekarang belum ada perubahan dok. Jadi menurut hemat dokter penyakit yang saya alami itu apa ya dok? Dan solusinya gimana ya dok? Hal yang harus saya perbuat apa ya dok? Mohon informasinya ya dok... Sebelumnya saya mempunyai daya tahan tubuh yang rendah. Dan menpunyai kulit sensitif.

    Poell Hasibuan  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain :

    1. Infeksi menular seksual : misal gonore
    2. Bakterial vaginosis (BV) yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan bakteri gardnella (misal akibat terlalu sering menggunakan produk pembersih kewanitaa)
    3. Infeksi jamur : kandidiasis vagina
    4. Infeksi parasit ; trikomoniasis
    5. Infeksi virus : misal infeksi HPV, herpes
    6. keganasan : misalnya kanker serviks
    perlu dicatat bahwa keputihan juga sering diikuti / disertai dengan infeksi saluran kemih yang menimbulkan gejala gejala seperti anyang-anyangan dan nyeri berkemih. Langkah utama adalah menentukan penyebab keputihan tersebut. Terkadang dari wujudnya kita dapat menerka penyebabnya. Misal pada BV keputihan akan bewarna kelabu, berbau amis dan disertai sedikit rasa gatal. Pada kandidiasis seringkali keputihan seperti susu pecah atau kekuningan, panas, dan gatal, serta baunya relatif masih biasa/tidak terlalu berubah. Pada trikomoniasis warna akan dominan kehijauan, kuning, berbuih, sangat gatal. Perlu diketahui juga bahwa penyebab keputihan seringkali tidak tunggal, melainkan kombinasi beberapa agen penyebab seperti koinfeksi BV dengan kandidiasis sehingga seringkali wujud keputihannya menjadi tidak khas. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin atau dengan spesialis kandungan untuk masalah ini. Jika diperlukan mungkin akan diperlukan pemeriksaan mikrobiologi, yakni dengan mengambil sampel keputihan dan diperiksa menggunakan mikroskop untuk melihat secara langsung penyebab gangguan tersebut. Penanganan akan tergntung dari penyebabnya. berikut tautan yang mungkin bermanfaat (termasuk tips pencegahan di rumah) : keputihan diskusi keputihan, termasuk cara penanganan di rumah tanda ketidaknormalan cairan vagina demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.