Tanya Dokter

  • Hb turun saat hamil

  •  Viie No Yuki
    Anggota
    Siang dok , kmren saya pemeriksaan 4 buln kehmiln bulan lalu HB saya turun dari 120/80 ke 100/70 berat bdan pun turun dri 41kg ke 38kg , awal buln ini HB saya turun lg jd 90/70 tapi berat bdan naik jadi 43kg. 1. Bagaimna caranya untuk mnjaga agar HB dan berat bdan seimbang?? Krna saya jg sudah rutin makan 2. Mkanan seperti apa yg harus saya konsumsi agar HB saya stabil selma kehmilan?? 3.jika selma kehmilan sampai mau malhirkan HB saya ttp rendah apkah bisa mlhirkan normal?? Krna saya ingin lahir normal Terima kasih , mohon di jawab

    Hallo Viie, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang perlu diperjelas HB merupakan singkatan dari hemoglobin. Hemoglobin adalah salah satu komponen didalam darah yang mengandung zat besi dan berperan dalam mengangkut oksigen dari paru - paru untuk disebarkan keseluruh jaringan tubuh. HB dinilai dengan satuan mg/dl dengan nilai normal sekitar 11, 5 mg/dl hingga 13 mg/dl untuk perempuan. Namun nilai ini kadang berbeda bergantung dari nilai acuan masing - masing laboratorium. Selain itu, nilai HB pun baru dapat diketahui berdasarkan dari pemeriksaan darah di laboratorium.

    Sedangkan yang anda maksudkan 120/80 merupakan nilai tekanan darah anda. Nilai normal tekanan darah adalah berkisar 100/70 mmHg hingga 120/80 mmHg. Antara nilai HB dan nilai tekanan darah tentu merupakan suatu hal yang berbeda. Penuruan kadar HB disebut dengan anemia sedangkan penurunan kadar tekanan darah atau tensi disebut dengan hipotensi.

    Selama masa kehamilan banyak sekali perubahan yang terjadi didalam tubuh tibu hamil. Mulai dari perubahan fisik, perubahan hormonal hingga perubahan organ - organ tubuh ibu hamil. Pada masa awal kehamilan, tubuh sedang berusaha untuk beradaptasi untuk menghadapi semua perubahan - perubahan tersebut sehingga diawal kehamilan terdapat beberapa kondisi yang biasanya muncul seperti penurunan tekanan darah atau hipotensi dan anemia atau penurunan kadar HB didalam tubuh.

    Sebaiknya berat badan ibu hamil mengalami peningkatan bukan malah menjadi menurun. Selama hamil tentunya semua asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan disalurkan dan dibagikan untuk janin yang dikandung. Sehingga penting sekali untuk menjaga kecukupan asupan gizi selama hamil.

    Pada dasarnya kondisi penurunan tekanan darah yang anda alami saat ini masih dapat termasuk kedalam kondisi yang normal selama masa kehamilan. Namun perlu pemantauan lebih lanjut untuk kedepannya karena sebaiknya nilai tekanan darah, HB maupun berat badan anda tetap harus terjaga dan tidak boleh terus mengalami penurunan.

    Menjawab pertanyaan anda :

    1. Cara untuk menjaga HB, tekanan darah dan berat badan agar tetap seimbang adalah dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi. Karena asupan gizi yang baik bukan diukur dari banyaknya makanan yang anda dikonsumsi namun diukur dari gizi yang dikonsumsi. Jika anda rutin makan dan banyak makan namun makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi dan nutrisi tinggi tentunya makanan tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang baik juga bagi tubuh anda.

    2. Tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi kalori, tinggi protein, tinggi lemak, tinggi vitamin dan mineral untuk menjaga agar tensi stabil dan berat badan terus meningkat dan  tidak menurun kembali sehingga asupan nutrisi bagi janin pun terpenuhi. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ati ayam, sayuran hijau untuk menjaga agar HB tetap stabil.

    3. Anda tetap bisa melahirkan normal selama tidak mengalami anemia berat dan tidak mengalami penyulit lainnya yang datang dari janin maupun penyakit lain yang anda alami.

    Teruslah rutin memeriksakan kondisi kehamilan anda ke dokter atau dokter spesialis kandungan agar dapat terus dipantau kondisi kesehatan anda dan janin.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina