Tanya Dokter

  • Mengatasi haid tidak teratur pasca suntik KB

  •  Hikaru salim
    Anggota
    Assalamualaikum dok ...selamat pagi ...dok, saya mau tanya ,saya ikut kb suntik 3bln sdah 3thun lebih ...dan selama 3thn itu saya tdk haid, sering pusing kepala,nah sekarang niatnya mau berhenti ikut KB bukan krna mau nambah momongan,tp pgn haid dok, gimana solusinya ...dan apakah saya bisa hamil sebelum haid setelah lepas KB dok ??? Terima kasih ... Wassalamualaikum ..

    Halo,

     

    Gangguan siklus menstruasi (amenore= tidak dapat haid) yang Anda alami saat penggunaan KB dan setelah berhenti KB adalah sebuah efek samping yang normal timbul akibat penggunaan suntik KB yang Anda lakukan.

    Kondisi ini bisa berlangsung 6 bulan -24 bulan paska penghentian KB. Kecepatan kembalinya siklus menstruasi akan tergantung dari kondisi masing masing individu dan pola hormonal yang mereka miliki masing masing. Hingga kini tidak lazim diberikan obat yang  bisa untuk mempercepat siklus menstruasi.

    Jika Anda tidak menginginkan kehamilan paska penghentian KB suntik maka disarankan agar Anda menggunakan kontrasepsi jenis lain seperti pil KB hingga siklus menstruasi kembali normal. Tentunya akan diperlukan konsistensi penggunaan pil KB karena siklus menstruasi belum tentu segera normal.

    Jika Anda tidak menggunakan kontrasepsi apapun sangat bisa terjadi kehamilan bahkan saat Anda belum mengalami haid.

    Konsultasilan dengna dokter atau bidan terdekat Anda untuk memilih jenis kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi