Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi rambut dan bulu mata mudah rontok

  •  Yasti
    Anggota
    Dok, anak sya rambutnya rontok n bulu matanya jg, n kadang masuk ke dalam matanya, bgaimana mengatasi rambut yg masuk, smpai kpn rambutnya rontok dok? Kmudian ada sejenis urat meeah di mata anak sya, bgimna mengatasiny dok? Terima kasih sblumnya
    Yasti  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Yasti,

    Masalah pada bulu mata dapat menimbulkan beberapa masalah seperti rasa gatal pada mata, rasa mengganjal sampai pada iritasi dan infeksi mata. Beberapa masalah bulu mata yang terjadi adalah bulu mata yang rontok, pertumbuhan bulu mata ke arah yang salah atau trikiasis, kelopak mata yang terlipat kedalam yang disebut entropion, ataupun bulu mata yang terlalu panjang yang kadang dapat terlipat kedalam. Kondisi ini dapat memicu infeksi pada mata sehingga menimbulkan mata yang kemerahan, gatal, terasa mengganjal ataupun juga penurunan penglihatan. Periksakan anak Anda pada dokter mata agar penanganan dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Upayakan agar anak tidak menggosok atau menggaruk mata untuk menghindari iritasi dan infeksi pada mata.

    Kondisi rambut yang rontok dan bulu mata yang rontok dapat dipicu oleh beberapa hal pada anak seperti misalnya penggunaan sampo yang mengiritasi kuli kepala, frekuensi mencuci rambut yang terlalu sering, infeksi pada kulit kepala, infeksi pada kantung rambut, kekurangan gizi seperti kurang biotin dan zinc, stres dan lainnya.

    Jika kerontokan cukup parah dan tidak ada perbaikan sebaiknya periksakan diri pada dokter untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Cukupi kebutuhan gizi anak dengan memberikan makanan bernutrisi kaya serat, vitamin dan juga mineral. Hindari terlalu sering mencuci rambut, gunakan sampo yang ringan dan jaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.