Tanya Dokter

  • Solusi haid lebih dari 10 hari

  •  Dewiasma
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok,saya wanita umur 21 th belum nikah, dok saya udah haid lebih dari 10 hr blm berhenti padahal bulan" lalu masih normal biasanya sy haid 3-7 hr udah berhenti tp bulan ini smpe 12 hari hari ini blm juga berhenti maasih mengluarkan lebdir bercampur darah. Kira" bahayakah yg saya alami ini dok dan mohon solusi dan tipsnya untuk saya selain pergi ke dokter. Trimakasih

    Halo Dewiasma, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pertanyaan anda ini telah dijawab dalam diskusi berikut ini:

    https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-solusi-haid-lebih-dr-10-hari-selain-pergi-dokter

     

    Bila anda membaca kemungkinan penyebab terjadinya menorrhagia yang anda alami saat ini, penyebab-penyebab tersebut memerlukan pemeriksaan khusus oleh dokter kandungan dan penatalaksanaannya pun memerlukan pengawasan dari dokter. Berikut ini adalah beberapa tata laksana yang dapat diberikan oleh dokter kandungan anda:

    1. Pemerian obat asam traneksamat. Obat ini tergolong obat keras yang pembeliannya memerlukan resep dokter dan penggunaannya perlu pengawasan dari dokter.
    2. Pemberian obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs). NSAID yang dapat anda beli dengan bebas adalah ibuprofen. Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi ibuprofen untuk mengatasi masalah menorrhagia yang anda alami.
    3. Pemberian pil kontrasepsi kombinasi
    4. Pemberian hormon progestogen suntik dan pil yang berisi sintetik progesteron seperti norethisterone 
    5. LNG-IUS (levonorgestrel-releasing intrauterine system), yaitu sejenis alat yang dimasukkan dalam rahim yang dapat melepaskan hormon progesteron perlahan-lahan
    6. Analog GnRH (gonadotropin releasing hormone analogue)

     

    Bila perdarahan tidak juga berhenti dengan pengobatan-pengobatan tersebut, dokter dapat melakukan beberapa tindakan seperti:

    1. Tindakan dilatasi dan kuretase
    2. Embolisasi arteri rahim
    3. Operasi miomektomi dalam kasus perdarahan yang disebabkan karena miom uteri
    4. Reseksi lapisan endometrium
    5. Ablasi lapisan endometrium
    6. Histerektomi atau pengangkatan rahim

     

    Menggunakan obat-obatan keras tanpa pengawasan dari dokter dapat menimbulkan bahaya tersendiri bagi diri anda dan sangat tidak dianjurkan. Pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu sangat dianjurkan dalam kasus anda sekarang.

     

    Sekian jawaban dari saya

     

    dr. Irna Cecilia