Tanya Dokter

  • Solusi lain bagi penderita kanker di luar kemoterapi

  •  anikatik08
    Anggota

    Haloo dok.. kemarin ibu saya baru saja menjalani operasi untuk mengangkat tahi lalat ..  padahal itu tahi lalat sudah puluhan tahun tidak menimbulkan efek apa2.. cuma karena gag sengaja pecah dan berdarah kmrn jadi dalam hitungan hari saja, tahi lalat tsb sudah membesar..

    Dan kemarin hasil biopsi menyebutkan itu adalah kanker ganas. Dan dokter menyarankan untuk melakukan kemoterapi..

    Yang ingin sy tanyakan "

    1) Apakah ada solusi lain selain kemoterapi? soalnya kan blm tau juga tingkat penyebaran kanker tsb ke tubuh,, apakah masih tahap awal atau sudah menyebar.. kan kalau kemo itu sudah pada tahap yg parah ya kan dok?

    2) Kalau radioterapi itu bagaimana dok? apa bedanya dengan kemo?

    3) Apakah kanker tsb bisa menurun ke anaknya?

     

    Halo,   1) Penanganan semua jenis kanker adalah dengan melakukan 3 metode yang bisa dilakukan secara bersamaan atau berurutan yakni :

    1. Operasi = untuk menghilangkan sumber kanker (dalam hal ini adalah tahi lalat).
    2. Kemoterapi = untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa secara menyeluruh.
    3. Radioterapi = membunuh sel kanker yang bisa dilakukan secara lokal (setempat) atau menyeluruh (sistemik).
    Penanganan kemoterapi disarankan karena ditakutkan terjadinya mikrometastase (penyebaran mikro) dari sumber kanker ke organ lain dalam tubuh yang akan memperburuk gejala serta merugikan penderita. Jika dilakukan pada tahap awal justru pengobatan kemoterapi dan atau radioterapi akan berefek lebih baik dalam penyembuhan kanker dibandingkan jika dilakukan pada tahap akhir (stadium yang lebih berat/ parah). Jika kemoterapi diberikan pada fase awal maka diharapkan sel kanker akan terbunuh semua tanpa sisa dan tidak menyebar ke organ lain. 2) Radioterapi merupakan salah satu bentuk pengobatan dengan melakukan penyinaran zat radioaktif (radiasi) secara intensif ke tubuh/ organ tertentu untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan memasukkan obat kedalam tubuh (secara intravena - kedalam pembuluh darah) sehingga obat tersebut bekerja melalui pembuluh darah untuk membunuh sel kanker. 3) Tidak semua jenis kanker bisa diturunkan kepada anak (genetik) namun jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat kanker pada keluarga maka resiko Anda terkena kanker akan menjadi lebih tinggi daripada orang lain. Maka dari itu perhatikanlah pola hidup dan kesehatan tubuh Anda secara lebih seksama jika terdapat keturunan kanker pada keluarga Anda.   Saran terbaik kami adalah ikuti anjuran dokter sesuai dengan kondisi ibu Anda, konsultasikan juga permasalahan Anda dan tanyakan secara mendetil mengenai kondisi ibu Anda saat ini dan tindakan apa yang terbaik untuk ibu Anda. Baca artikel Kanker kulit. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Dok,, saya mau tanya,, ibu saya dulu operasi kangker miom tahun 2014, waktu itu di suruh kemoterapi oleh dokter, tapi kami tidak mengizinkan ibu melaksanakan kemoterapi, dan pada akhir tahun 2015, ibu saya merasakan sakit lagi dan mengeluarkan darah dan cairan di tempat haid dtang,, gimana solusinya dok? Apa tidak ada tindakan lgi atau bagai mana? Trimakasih atas kesediaan dokter menjawab