Tanya Dokter

  • solusi mengecilkan perut yang buncit

  •  Tya Ustiana
    Anggota

    siang dok,saya seorang ibu anak satu.. sekarang anak saya 3 tahun dan ni yang jadi masalah perut saya sekarang jadi buncit kayak gini... kira2 solusinya apa ya dok untuk menghilangkan perut yg buncit. tolong di bls & trimks dok

    Hai, Memiliki perut yang rata / proporsional  memang idaman setiap wanita. Disamping enak dilihat lingkar pinggang yang proporsional juga bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Untuk memiliki lingkar pinggang yang proporsional ( tidak buncit ), langkah yang harus diperhatikan adalah :

    1. Penurunan berat badan secara keseluruhan.
    2. Mengatur perubahan pola diet/ makan.
    3. Latihan/ olahraga terutama melatih otot perut.
    4. dan yang terpenting adalah niat, konsistensi dan kesabaran dalam menjalani karena mendapatkan perut rata tidak mungkin didapatkan dalam waktu singkat.
      Untuk menurunkan berat badan inti yang paling utama adalah mengatur jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan meningkatkan aktivitas untuk pembakaran kalori. http://www.alodokter.com/Kalori-Kunci-Berat-Badan-Sehat http://www.alodokter.com/diet-cepat-atau-diet-sehat I.  Pengaturan makan bisa dilakukan dengan cara :
    1. Makan porsi kecil tapi sering.
    2. Jangan lupakan sarapan sehat.
    3. Memilih menu makanan sehat daripada makanan cepat saji.  http://www.alodokter.com/tetap-langsing-dengan-siasat-camilan-sehat
    4. Banyak minum air putih ( min 2 liter sehari ) terutama sebelum makan untuk mencegah makan terlalu banyak.
    5. Perbanyak serat seperti sayur, buah, oat.
    II. Latihan / olahraga Mendapatkan perut yang proporsional tidak serta merta terjadi dalam waktu singkat, maka itu dibutuhkan dedikasi dan komitmen yang kuat untuk melakukan latihan terus menerus hingga mencapai keinginan Anda. Hal yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Sebaiknya Anda membuat sebuah rencana latihan dimana diawali dengan latihan yang ringan sehingga semakin lama dengan semakin terbiasa Anda bisa melakukan latihan lebih banyak dan lama.
    2. Perbanyak olahraga yang membakar kalori lebih cepat seperti : Jogging, Skipping (lompat tali), Sepeda statis, Berenang.
    3. Latih otot perut Anda untuk mendapatkan perut yang rata. Anda bisa melatih otot perut dengan melakukan :
    • Yoga
    • Pilates
    • Hulahup
    • Sit Up
    • Crunch = seperti melakukan sit up tetapi tidak mengangkat seluruh perut hanya perut atas saja.
    • Plank = posisi badan seperti push up, dengan mengencangkan otot perut selama beberapa detik sampai menit.
    4. Cobalah untuk mengencangkan otot perut saat anda sedang menonton, duduk, dll. Cobalah melakukan kegiatan olahraga diatas perlahan dulu sebagai contoh  : hari pertama Anda melakukan 5 kali sit up, 5 kali crunch, 30 detik plank dan jogging selama 30 menit. kemudian gandakan pada hari kedua menjadi 8 kali sit up ,8 kali crunch, 40 detik plank dan jogging 30 menit. begitu seterusnya. Dan jangan lupa berikan istirahat pada tubuh Anda setidaknya 1 hari setelah 4 hari berolah raga. Semoga bermanfaat. Salam,   dr. Yusi