Tanya Dokter

  • Hasil laboraturium tes sifilis

  • Semangat pagi dokter, 1 bulan lalu saya menjalani Medical Check Up, nah pada hasil nya 'katanya' saya unfit pada darah, 'katanya' lagi saya menderita sifilis. Selama ini kelamin saya, kulit saya tidak mengalami gejala apa2. Mohon bantuan nua dok, apa yang harus saya lakukan? Terimakasih.

    Hai, Jika Anda telah menjalani medical check up dengan kesimpulan demikian, kemungkinan pada tes darah yang Anda jalani terdapat hasil yang reaktif terhadap penyakit Sifilis, yaitu melalui pemeriksaan VDRL/TPHA. Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Sifilis dapat memberikan gejala yang berbeda tergantung stadiumnya:

    1. Sifilis primer: timbul luka yang tidak nyeri pada penis dan sekitarnya. Namun demikian luka dapat saja timbul di tempat yang tersembunyi (misalnya di rektum) sehingga penderitanya dapat tidak menyadarinya. Luka umumnya muncul 3 minggu setelah kontak seksual berisiko, dan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 6 minggu (namun infeksi terus berjalan).
    2. Sifilis sekunder: muncul ruam kulit berwarna kemerahan pada telapak tangan dan telapak kaki, dan dapat disertai dengan demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, serta pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala ini dapat hilang-timbul dalam waktu beberapa bulan.
    3. Sifilis laten: tidak menunjukkan gejala apapun, namun infeksi terus berjalan. Fase ini dapat berlangsung hingga bertahun-tahun.
    4. Sifilis tersier: merupakan fase akhir yang paling berbahaya. Sifilis dapat menyerang otak, saraf, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi; bahkan dapat membawa kematian.
    Namun demikian tahap-tahap di atas dapat saja tumpang-tindih dan gejala tidak muncul secara berurutan. Selain itu gejala yang muncul mungkin saja tidak disadari atau diobati sebagai penyakit lain (karena gejalanya yang serupa). Seseorang dapat saja terinfeksi Sifilis selama bertahun-tahun tanpa menyadari gejalanya. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin di kota Anda untuk memastikannya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin akan menganjurkan pemeriksaan darah ulang untuk memastikan ada/tidaknya infeksi. Bila kepastian diagnosis memang didapatkan maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi. Baca laman artikel berikut ini: Sifilis Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman