Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit kepala sebelah

  • Dok, saya mahasiswa berusia 19tg dok, saya sering mengalami migrain semenjak saya smk dok, tp saya sudah mendingan ketika saya tidur atau saya makan dok, dengan juga saya meminum obat2an pereda nyeri di warung2 terdekat. Namun dok, meskipun mendingan saya sering sekali menderita migrain itu berulang2 bisa bisa 3kali seminggu dok, bagaimana solusinya ya dok, lalu terkadang saya juga tidak bisa tidur dan makan dok, ketika penyakit menyerang.

    Halo Detta.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami yaitu migrain, dimana hal ini merupakan nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya mengenai sebelah Sisi kepala saja, memang paling sering ditindak oleh wanita dibandingkan pria.

    Pada sebagian orang, serangan migrain dapat muncul hanya beberapa kali dalam setahun. Akan tetapi, pada penderita lainnya yang kemungkinan termasuk Anda, migren dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu. Pada kasus tertentu, nyeri dapat muncul di kedua Sisi kepala dan bahkan menyerang leher.

    Berikut ini beberapa faktor pemicu timbulnya migrain, diantaranya adalah :

    • Faktor hormon. Perubahan hormon menyebabkan sebagian wanita merasakan migrain pada masa menstruasi.
    • Memiliki berat badan yang berlebih.
    • Faktor keturunan.
    • Perubahan sementara pada saat kimia, jaringan saraf, otak, dan pembuluh darah.
    • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti kopi, coklat, keju, bumbu penyedap, Alkohol.
    • Stres psikologis.
    • Tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat.

     

    Kambuhnya migrain sebenarnya dapat dicegah dengan langkah - langkah : menjalani gaya hidup sehat dengan tidur yang cukup dan teratur/ olahraga teratur/ pola makan sehat/ batasi konsumsi minuman keras/ batasi minum kopi, mengenali dan menghindari pemicu migrain seperti kurang istirahat/ stres psikologis / mengonsumsi makanan serta minuman tertentu, menghindari mengkonsumsi obat - obatan tertentu yang Anda tahu dapat memicu hal ini.

    Jika setelah Anda melakukan langkah - langkah di atas migrain masih saja sering muncul dan sudah sangat mengganggu aktivitas sehari - hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit neurologi atau saraf terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati