Tanya Dokter

  • Solusi atasi tekanan darah tinggi

  • Halo dokter,

    Saya ibu umur 34 tahun, saya punya penyakit hipertensi, saya punya hipertensi sejak saya belum menikah/ umur 20 tahun dan sampai saat ini saya minum obat hipertensi 3x sehari. Candersartan, HCT & amlodipine. Yang saya tanya adalah mengapa sudah dua tahun saya rutin minum obat ini tensi saya tetap tinggi? Apakah yang dimaksud dengan riwayat hipertensi dan apakah ada hubungannya karena kalau ayah saya terkena hipertensi ketika umurnya sudah 40 tahun. Apakah saya harus periksa CT scan? ada syarat/ efek negatifnya kah melakukan pemeriksaan ini? Bila menurut dokter spesialis di tempat saya, katanya tidak perlu.

     

    Mohon jawabannya.

     

    Trims,

    Ervina

    Ervina T. Manurung  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ervina,

    Hipertensi atau tekanan darah tinggi ditandai dengan pemeriksaan tekanan darah dimana di dapatkan tekanan darah sistolik (saat jantung memompa darah ke seluruh) lebih dari 140 dan diastolik (tekanan saat jantung tidak berkontraksi) lebih dari 90. Penyebab hipertensi sendiri beragam seperti berat badan berlebih, riwayat keluarga dengan hipertensi sehingga faktor genetik dapat meningkatkan risiko orang menderita hipertensi, kurang aktivitas fisik atau jarang berolahraga, konsumsi banyak garam, konsumsi banyak kafein, ataupun juga masalah pada kondisi medis lain atau disebut hipertensi sekunder akibat gangguan pada organ lain seperti ginjal, diabetes, kehamilan, gangguan hormonal atau gangguan tiroid.

    Agar dapat mengontrol tekanan darah menjadi normal selain mengonsumsi obat perlu juga dilakukan modifikasi gaya hidup dengan membatasi asupan garam, menjaga berat badan tetap ideal, menghindari konsumsi kafein, berolahraga secara rutin setidaknya 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit, mengelola stres dengan baik karena pikiran juga dapat mempengaruhi tekanan darah, rutin memeriksakan diri setidaknya 2 minggu sekali untuk memantau tekanan darah. Anda juga dapat berkonsultasi pada ahli gizi untuk menyusun pola makan agar dapat membantu menjaga tekanan darah Anda.

    Pemeriksaan CT scan merupakan modalitas canggih untuk melihat kelainan-kelainan pada organ tubuh tetapi pada hipertensi pemeriksaan ini tidak perlu dilakukan karena CT scan juga beresiko jika tidak dilakukan atas indikasi karena radiasi yang dihasilkan oleh mesin CT scan besar. Pada hipertensi sendiri yang dapat dilakukan pemeriksaan penunjang lain seperti misalnya lab darah, kandungan kimia darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan rekam jantung atau elektrokardiogram.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.