Tanya Dokter

  • Konsumsi vitamin E untuk promil

  •  lavina
    Anggota
    Hai dok saya sudah menikah cukup lama tp belum juga hamil. Saya punya riwayat kista tp sudah hilang. Saya sudah pernah program hamil dengan konsumsi obat dari dokter kandungan tapi belum juga berhasil. Sudah minum susu dan konsumsi folavit juga belum berhasil. Ada yang menyarankan untuk konsumsi ever e tp saya masih ragu. Yang mau saya tanyakan bolehkan bagi yg pernah punya kista untuk konsumsi ever e? Boleh juga atau tidak konsumsi madu penyubur, rebusan air kacang hijau atau daun kemangi? Terima kasih

    Dear Lavina,

    Vitamin E memang dikenal luas bermanfaat meningkatkan kesuburan karena efeknya menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh termasuk sel telur dan sel sperma. Selain itu vitamin E juga bermanfaat untuk wanita yang mengalami nyeri haid, sindrom premestruasi, hot flush pada wanita menopause. Di samping itu vitamin E juga mempunyai efek menghambat oksidasi kolesterol LDL sehingga pengerasan pembuluh darah dapat diperlambat.

    Kebutuhan vitamin E orang dewasa sekitar 200 IU perhari. Hindari mengonsumsi vitamin E lebih dari 1000 IU perhari karena justru dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan seperti diare, mual, sakit kepala, gangguan penglihatan.

    Kekurangan vitamin E cukup jarang terjadi. Contoh sumber vitamin E dalam makanan: biji-bijian utuh, almond, asparagus, minyak bunga matahari, buah-buahan dan sayur-sayuran (alpukat, kiwi, lobak, bayam, labu, kacang-kacangan)

    Jadi Anda boleh mengonsumsi vitamin E di dalam program hamil Anda.

    Berikut artikel yang dapat Anda baca:

    Vitamin E

    Merencanakan kehamilan

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya