Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit gigi terus menerus

  •  ShaniaMylinda
    Anggota

    Selamat siang dok, 

    saya mau bertanya, gigi geraham saya kan berlubang di bagian tengahnyabbesar sekali dan hanya menyisakan gigi yang bagian luar saja. dan itu pun hanya tinggal setengah karena patah. 

    setiap saya makan gigi tersebut sakit sekali, sampai berasa gigi tersebut yang paling besar. jadi setiap saya hendak merapatkan gigi hanya gigi yang sakit tersebut yang bisa menyentuh, yang lainnya tidak bisa.

    rasanya sakit sekali, dan sakitnya itu berasa terus menerus. mohon solusinya dok, sebaiknya saya bagaimana ? 

    Hallo Shania

    Gigi yang terpecah sehingga menyisakan sedikit bagian gigi perlu di cabut sepenuhnya agar tidak meninggalkan rasa  nyeri akibat peradangan dan juga infeksi.  Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus tentu saja nyeri yang Anda dialami akan berpotensi menjadi bertambah buruk akibat peradangan dan infeksi yang semakin meluas.

    Keadaan dimana gigi yang sakit justru menyentuh duluan ketika dirapatkan karena gusi dari gigi yang sakit menjadi bengkak sehingga gigi yang sakit tersebut menjadi lebih menonjol dari yang lain.

    Jika tidak ditangani dengan baik, maka gigi yang pecah tersebut menyebabkan kondisi peradangan gusi (periodontitis) yang lebih berat lagi, kuman yang menginfeksi gigi dan gusi tersebut berpotensi untuk masuk ke dalam saluran pemnbuluh darah dan akhirnya menyebarkan infeksi kemana-mana. Periodontitis yang tidak ditangani dengan tepat berpotensi menyebabkan penyakit jantung rematik, rheumatoid arthritis, gangguan pernafasan, dsb.

    Selain periodontitis, kondisi lain yang mungkin terjadi jika gigi pecah dan gusi bengkak berpotensi juga menjadi abses gigi, abses ini terjadi akibat infeksi bakeri telah menyerang akar gigi, dan akhirnya terbentuk bendungan berisi nanah dibagian bawah permukaan gusi gigi, sehingga gusi menjadi tampak besar

    Adapun penanganan untuk kondisi gigi yang terpecah adalah dengan cara mengangkat sisa-sisanya atau dengan cara membuatkan mahkota gigi tiruan jika masih memungkinkan. Pemilihan teknik pencabutan sisa-sisa pecahan gigi geraham bergantung kondisinya, ada yang cukup di lakukan di ruang poliklinik gigi ada juga yang perlu dilakukan di ruangan operasi gigi karena adanya faktor penyulit.

    Teknik membuatkan mahkota gigi tiruan pada gigi yang pecah/patah (filling/crown) bisa saja dilakukan apabila dari pemeriksaan dokter gigi kondisi gigi yang pecah/patah masih cukup baik kondisi akar gigi dan persarafannya, namun jika sudah semakin berat biasanya perlu dilakukan perawatan akar gigi terlebih dahulu.

    Periksakan kondisi gigi dan gusi Anda ke dokter gigi secara langsung agar dapat segera diberikan pengobatan ataupun tindakan medis yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold