Tanya Dokter

  • Tips membesarkan otot pada penderita wasir

  •  Aldi
    Anggota
    sebelumnya saya mau ngucapin terima kasih buat dr.ALyssa yang sudah menjawab pertanyaan saya...trus saya mau nanya lagi dok,kalau misalkan itu berarti urusan fitness nya gimana dok selain ingin membesarkan badan tetapi saya juga ingin membesarkan otot tapi takut kena wasir dok jadi gimana ya solusoi terbaikk mohon bantuannya
    Aldi  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Aldi,

    Secara umum, fitnes tidak menyebabkan wasir / hemoroid sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tetapi jika Anda memang memiliki riwayat wasir, sebaiknya menghindari olahraga yang menyebabkan mengejan misalnya angkat beban. Selama olahraga tidak menyebabkan mengejan, maka olahraga cukup aman dilakukan bagi penderita wasir.

    Beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh penderita wasir misalnya jogging, aerobik, berenang, yoga, pilates. Apabila Anda memiliki riwayat wasir tetapi ingin melakukan latihan beban, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani wasir Anda ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memutuskan seberapa besar beban maksimal yang bisa Anda lakukan ketika latihan beban ataupun fitnes.

    Terkait dengan cara membesarkan otot dan meningkatkan berat badan, sudah dijawab pada pertanyaan Anda sebelumnya di SINI. Selain itu Anda juga bisa membaca beberapa tips menambah masa otot lainnya di SINI.

    Untuk mencegah mencegah wasir, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Perbanyak minum air putih 2-3 iter/hari
    • Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan makanan berserat lainnya
    • Jangan mengejan saat BAB
    • BAB ketika sudah merasa ingin BAB dan jangan mengabaikan keinginan BAB
    • Jika muncul benjolan di anus, hindari memanipulasi / memencet benjolan, dan sebaiknya periksa ke dokter secara langsung

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Fitnes
    Menambah berat badan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y