Tanya Dokter

  • Agar tidak terasa sakit ketika berhubungan intim

  •  Nizar Ilman
    Anggota

    Hallo Dokter,

    Kenapa ya Dok, ketika istri saya sudah melahirkan, bahkan setelah 10 bulan berlalu, ketika melakukan hubungan suami istri, istri saya jadi tidak bisa lama-lama melakukan penetrasi, dan ketika sedikit lebih lama, pasti istri saya mengeluh sakit, sakit seperti ada yang lecet pada bagian vagina nya, padahal sebelum istri saya melahirkan kami selalu melakukan dengan waktu yang lama, dan istri saya tak pernah mengeluh sakit, apa karena sewaktu melahirkan dia di bagian vagina nya ada yang di jahit, sehingga akan selalu terasa sakit ketika behubungan, bagaimana solusi nya dok? Terima kasih.

    Best regards,

    Nizar Ilman.

    Hai,   Nyeri saat berhubungan intim bisa terjadi saat penetrasi mulai dilakukan atau saat penetrasi dilakukan terlalu dalam. Keduanya ditimbulkan karena adanya gangguan pada organ intim yang harus diperiksakan secara seksama melalui pemeriksaan fisik dan tes medis. Jika nyeri mulai dirasakan paska melahirkan dan paska penjahitan perineum yang robek saat melahirkan, maka sebaiknya Anda memeriksakan istri Anda ke dokter yang melakukan tindakan penjahitan, karena dokter tersebut akan mengetahui tingkat keparahan robekan perineum yang terjadi dan tindakan apa saja yang sudah diambil oleh dokter dalam menjahit kembali perineum tersebut. Nyeri pada saat berhubungan bisa diakibatkan hal hal seperti:

    1. Cairan lubrikasi yang kurang
    2. Infeksi pada rongga panggul
    3. Luka / iritasi pada vagina
    4. Stress
    5. Endometriosis, Kista dll
    Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan :
    1. Komunikasikan bersama dengan istri Anda mengenai permasalahan yang ada.
    2. Perlama foreplay / pemanasan sebelum mulai melakukan penetrasi.
    3. Jangan terburu buru melakukan penetrasi, ajak istri Anda bekerja sama agar tercapai hubungan intim yang menyenangkan.
    4. Hindari stress.
    5. Gunakan pelumas.
    6. Berlatih senam kegel untuk istri Anda.
    Jika cara tersebut tidak memperbaiki kondisi yang ada , maka periksakan kesehatan organ intim istri Anda ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi organ intim istri Anda dan melakukan tes medis lain yang terkait seperti pemeriksaan USG, tes darah dll. Baca topik terkait Nyeri saat berhubungan,   Semoga membantu.   dr. Yusi