Tanya Dokter

  • Solusi untuk kulit terkelupas akibat krim jerawat

  •  Arry Erwanto
    Anggota

    Dok saya ini lagi jerawatan ketika saya memakai obat cream jerawat kulit saya merasa terkelupas, menipis dan perih seperti bakar, solusi untuk meringankan dampak dr kulit perih itu apa ya dok

    Hai Arry, Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan berupa terdapatnya ruam kulit berupa terkelupas, menipis seperti terbakar setelah penggunaan krim tertentu dapat disebabkan oleh:

    • Dermatitis Kontak, merupakan peradangan pada kulit akibat kontak dengan zat tertentu, dapat berupa zat yang memicu reaksi alergi, atau zat yang bersifat iritatif. Contohnya adalah penggunaan kosmetik tertentu.
    • Purging, merupakan <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">kondisi yang timbul akibat dari penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, BHA dll yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga kulit akan nampak seperti bersisik dan tampak seperti memiliki benjolan kecil yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak,atau radang pada kulit. </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Purging umumnya bertahan selama 3-4 minggu sesuai dengan siklus pertumbuhan kulit kita.</span>
    Alangkah baiknya jika saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter yang meresepkan krim jerawat sehingga dapat ditelusuri penyebab yang mendasari keluhan. Karena penanganan dari 2 jenis kondisi di atas sedikit berbeda. Dimana pada kondisi dermatitis kontak, pasien sebaiknya segera menghentikan penggunaan krim yang mencetuskan dermatitis kontak, sementara pada kondisi purging, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">dapat mengurangi kadar obat atau bahan kimia dan menaikkan dosis secara perlahan agar purging tidak timbul.</span> Hal yang dapat dilakukan sementara ini:
    • Basuh kulit wajah menggunakan sabun berbahan dasar ringan
    • Hentikan sementara penggunaan krim jerawat sampai dinyatakan aman oleh Dokter yang telah memeriksa Kamu
    • Batasi penggunaan kosmetik pada wajah, misalnya hindari pemakaian bedak
    • Hindari menggaruk, mengelupas ruam
    Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes