Tanya Dokter

  • solusi untuk sesak nafas

  • Dokter, anak saya berumur 8th, tgl 25 juli habis operasi usus buntu, setelah 1 minggu habis operasi obatnya antibiotik selama 1 minggu setengah, setelah itu obat habis, tp anak saya sedikit sesak nafas, setelah satu bln habis operasi masih kontrol lagi, tapi sama dokter bedahnya dilimpahkan ke dokter anak, trus di dr.Anak, anak saya diuap dan dikasih obat Profilas ketolifen 1mg. Dan meptin syrup. Dan anak saya konsumsi suplemen makanan bernama imunos.trus anak saya sdh penguapan 3x . Tapi nafas panjangnya/seperti kecapekan itu setiap 25detik sekali. Gmn solusinya dokter??

    Hai Melihat dari terapi yang diberikan dokter spesialis anak yang merawat anak Anda, kemungkinan sesak napas disebabkan oleh penyakit asma paru yang sering disebabkan oleh alergi. Asma paru bergejala, antara lain:

    • Batuk dengan dahak yang kental
    • Sesak napas disertai bunyi "ngik-ngik"
    • Dapat disertai pilek.
    Bila disebabkan asma paru, maka dengan pengobatan tersebut serta terapi uap umumnya sesak dan batuk akan berkurang, selain itu perlu dicari tahu pemicu dari asma misal seperti asap rokok, debu, bulu binatang, dingin, dsb untuk menghindarinya agar asma tidak kambuh kembali. Sebaiknya Anda kembali kontrol pada dokter Anda bila gejala belum berkurang agar dapat dilakukan evaluasi terapi. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut: Menangani asma pada anak. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william