Tanya Dokter

  • Soree dokterr

  •  Ade niagrawan
    Anggota

    Dok saya mempunyai sakit darah manis atau prugiro.kena sakitnya sejak umur 4TH.Setiap digigit nyamuk serangga digaruk jadi menimbulkan bekat hitam yg lama hilangnnya.diumur saya 15th akhir akhir ini sakit darah manis saya tambah parah dok.kaki tangan gatal sekali dok.tidak digaruk pun muncul bintik merah dan nanti meninggalkan koreng kehitaman.kadang malu minder sendiri aja dok.tapi anehnya perut leher muka itu tidak kena dok.apalagi mandi dok perihnya minta ampun rasanya kesal dan frustasi aja.mandi biar seger malah perih kulit ini.dan kulit juga kering seperti keriput.bagaimana dok penyembuhan nya.

    Halo,   Prurigo adslah suatu kondisi kulit yang gatal secara kronis dan biasanya menimbulkan bekas kehitaman yang sulit hilang akibat trauma terus menerus pada kulit ( baik oleh garukan maupun rasa gatal) . Kondisi ini biasa dimulai sejak kecil, ada beberapa kasus dimana kondisi akan membaik seiring pertambahan usia namun ada juga yang semakin memburuk. Penyebab prurigo masih belum jelas, namun beberapa pemicu seperti gigitan serangga, faktor alergi dll menjadi pemicu dari kondisi kulit ini. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gatal dan bekas dari prurigo adalah :

    1. Stop menggaruk kaki Anda. Hal ini akan memperburuk prurigo dan membuat bekas kehitaman semakin sulit hilang.
    2. Mandi air dingin atau suam kuku, oleskan sabun sesuai jenis kulit dan lakukan penggosokan dengan geraka melingkar dengan lembut.
    3. Oleskan pelembab hipoalergenik setiap habis mandi.
    4. Gunakan celana panjang agar menghindari gigitan serangga maupun nyamuk.
    5. Jika gatal, oleskan lotion calamin untuk menyejukkan rasa gatal Anda
    6. Oleskan salep pereda gatal yang berbasis antihistamin dan kortikosteroid pada daerah gatal sesegera mungkin untuk menghindari peradangan kulit berlebih dan mengurangi resiko menggaruk.
    7. Jaga kebersihan tubuh.
    8. Gunakan salep pemutih untuk mengurangi bekas kehitaman.
    Baca topik Obat prurigo. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi