Tanya Dokter

  • Pengobatan Spasmofilia

  • Dok saya mau bertanya, saya merupakan penderita spasmofilia grade 3. Saya di beri obat hanya kalsium dan b1 b6 b12. Kemudian leher kiri saya terasa sangat mencekam 1 tahun terakhir, dan seperti ada benjolan. Dokter hanya mengatakan itu adalah otot. Namun, rasa sakit nya tidak pernah hilang.

    Lalu, saya mau bertanya lagi dok, semalam saya di beri obat riklona. Namun setelah bangun tidur saya merasa lemas yang luar biasa hingga sekarang (hampir 12jam) kenapa ya dok? Dan bagaimana agar saya kembali fit tanpa rasa lemas.

    Kenapa tidak di balas dok?

    Medya Herdiyati Putri  dr. Danny
    Dokter

    Hai Putri, Spasmofilia adalah gangguan yang ditandai dengan kedutan otot, kram atau kejang. Terjadi karena ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah, dapat terjadi karena kekurangan kalsium (hipocalsemia) atau kekurangan magnesium. Untuk mendiagnosa spasmofilia dilakukan dengan pemeriksaan EMG (elekromiografi). Jika serangan spasmofilia terjadi di otot sekitar rongga dada dapat mengakibatkan kesulitan bernapas dan leher seperti tercekik. Gejala yg Anda alami leher terasa mencekam ditakutkan akan mengganggu pernafasan. Obat riklona yang diberikan kepada Anda itu berisi clonazepam. Obat klonazepam ini adalah obat jenis antikonvulsi/ anti kejang, untuk kasus penyakit Anda digunakan sebagai musle relaksan atau pelemas otot dengan tujuan mengurangi kekakuan otot dan mencegah kejang. Jika Anda mengalami badan lemas yang berkepanjangan sebaiknya Anda kembali ke dokter yang memberikan Anda resep riklona tersebut, mungkin akan diganti obatnya atau dilakukan penyesuaian dosis tergantung dari keluhan dan gejala yang  Anda rasakan. baca hal terkait clonazepam semoga membantu, terimakasih dr. Danny