Tanya Dokter

  • Sperma yang bercampur darah

  • Saat ereksi 3 hari yg lalu saya kebelet pipis, saat mau buka celana, kehalang lobang sleting yg terlalu sempit sehingga menyebabkan saluran urin saya terhambat dan tidak keluar air kencing. Setelah 2x percobaan gagal, yg ke 3x saya buka celana saya dan akhirnya keluar air kencing bercampur darah. Pagi ini saya berhubungan intim, saat ejakulasi, sperma keluar dari penis bercampur darah. Haruskah saya minum antibiotik biar ga terjadi infeksi bakteri??
    Firman Darussalam  dr. Atikah D
    Dokter

    Halo

    Terimakasih atas pertanyaannya

    Sperma yang bercampur darah atau dalam dunis medis dikenal dengan istilah hematospermia, merupakan keluhan yang cukup sering terjadi terutama pada usia muda. Umumnya kondisi tersebut apabila tidak disertai gejala penyerta lainnya dan dialami oleh usia muda merupakan hal yang normal dan tidak membutuhkan penanganan medis. Adanya darah pada cairan sperma bisa berasal dari adanya cedera / luka di pembuluh darah penis yang bisa terjadi akibat celana yang terlalu sempit, adanya trauma, terjatuh, hubungan seksual, dan lainnya.

    Namun Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila sperma bercamppud darah :

    • Dialami oleh Anda yang berusia diatas usia 40 tahun
    • Keluhan berlangsung hingga 2 bulan lebih
    • Disertai keluhan lain seperti  nyeri saat ejakulasi, nyeri saat buang air kecil, keluar nanah dari penis,

    Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan adanya darah pada sperma  antara lain:

    • Infeksi pada saluran kemih
    • Efek samping obat , misalnya obat pengencer darah
    • Gangguan prostat, seperti infeksi, keganasan (prostatitis)

    Untuk itu, dengan berkonsultasi ke dokter, Anda akan diperiksa secara langsung, dam dilakukan pemeriksaan tambahan misalnya tes urine, USG perut jika perlu. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Antibiotik diberikan jika dicurigai disebabkan infeksi . Antibiotik hanya bisa diperoleh melalui resep dokter dan dikonsumsi di bawah pengawasan dokter

    Terimakasih