Tanya Dokter

  • Keluarnya sperma dari vagina setelah berhubungan intim

  •  lazuardi
    Anggota

    Dear Dokter,

    1. pasca berhubungan dengan suami, sperma selalu keluar dari Miss V , Padahal saat berhubungan saya selalu mengganjal bokong saya dengan bantal dan setelah berhubungan saya selalu menyandarkan kaki saya ke tembok sekitar 15-30 menit, namun saat saya bangun, sperma itu keluar kembali dan lumayan banyak..apakah itu wajar dok ? atau apakah ada kemungkinan saluran ke rahim saya tersumbat ?

    2. saya selalu mengalami gatal di dalam Miss V sekitar 10-11 hari setelah menstruasi ? kalau seperti itu biasanya kenapa ya dok ?

    Mohon informasinya

    Halo,   Ya hal itu normal terjadi. Secara teori sebenarnya dengan melakukan tindakan mengganjal bokong dan menunggu hingga 30 menit akan mengurangi kebocoran sperma keluar sebanyak 70-80%. Namun tetap akan ada bagian sperma yang keluar dari vagina Anda walaupun Anda melakukan hal demikian. Untuk mengetahui ada kelainan dalam bentuk anatomi vagina dan rahim Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter kandungan. Gatal di Miss V setelah menstruasi bisa disebabkan karena :

    1. kelembaban yang tinggi
    2. iritasi pembalut
    3. Infeksi jamur
    4. Perubahan hormonal
    5. infeksi menular seksual.
    6. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter kandungan sebaiknya dilakukan. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Agar keluhan gatal paska menstruasi tidak terulang maka Anda bisa melakukan :
    1. Menjaga kebersihan organ intim dengan seksama.
    2. Melap kering organ intim setiap bab/bak.
    3. Menggunakan pembalut yang tidak menimbulkan alergi.
    4. Menghindari penggunaan panty liner dan sabun pencuci secara berlebihan.
    5. Mengganti pembalut setiap 4 jam sekali atau jika terasa becek.
    Baca topik Gatal pada kemaluan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi