Tanya Dokter

  • sperma yang sehat ?

  • dok .. saya mau tanya , bagaimana ciri mr.p yang sehat itu dok , juga sperma yang dikeluarkan .. karena mr.p suami saya ukurannya terbilang besar ukurannya dan kadang mengeluarkan cairan bening yang bau nya tidak sedap . apakah itu penyakit atau karena kebersihan nya ya dok ? padahal suami saya sudah sangat bersih tp tetap saja .. dan pertanyaan kedua saya apakah itu berhubungan juga dengan sperma yang dikeluarkan dok .. tolong djawab dok terimakasih ..

    Hai Senja Penis mengeluarkan cairan terutama saat buang air kecil atau ejakulasi. Sebelum ejakulasi, saat pria terangsang juga dapat mengeluarkan sedikit cairan bening yang kental yang berfungsi untuk pelumas serta memperlancar menjaga dan membantu pergerakan sperma saat ejakulasi namun cairan ini tidak berbau. Keluarnya cairan seperti nanah dapat terjadi akibat infeksi, dimana paling sering disebabkan oleh penyakit gonore. Gejala dari penyakit gonore, antara lain:

    • Keluar cairan seperti nanah dari penis, keluarnya cairan ini terus menerus setiap hari
    • Nyeri saat buang air kecil.
    Untuk mengetahui kondisi sperma yang sehat adalah hanya dengan pemeriksaan analisa sperma di laboratorium. Dari situ akan diketahui bagaimana jumlah, pergerakan dan bentuk dari sel sperma apakah dalam batas normal atau tidak. Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk penyebab pasti mengenai keluhan dari keluarnya cairan dari penis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william