Tanya Dokter

  • spiral bergeser 2cm apakah bisa pendarahan?

  •  Nur Habibah
    Anggota

    dok saya mau tanya, saya dah lebih kurang 1 tahun pakai iud Spiral, pada bulan januari saya telat mends 1 minggu, setelah saya bersih tiba2 saya mengalami pendarahan yang banyak, kemudian saya periksa ke dokter, kata dokter IUD sya geser 2 cm, dikasi obat setalah makan obat pendarahan berhenti tapi obat abis pendarahan datang lagi, kemudian saya menemukan darah yang saya tekan2 tidak hancur sebesar kelingking, keesokannya saya periksa lagi dan iud saya dibuka??? kata dokter saya keguguran???? kog bisa ya dok????? sekrang saya dalam penyembuhan, sepertinya hari ini darah dah berkurang??? saya jadi penasaran kenapa semua itu bisa yang mana benarnya dokter?????

     

    Hai,   Penggunaan IUD (spiral) adalah salah satu tipe kontrasepsi yang tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian sendiri dibanding penggunaan jenis kontrasepsi lain. Dan kontrasepsi jenis IUD ini juga memiliki resiko bisa terjadinya kehamilan sekitar 0,8%. Salah satu kerugian dari pengggunaan jenis IUD adalah posisi IUD yang dapat bergeser. Gejala yang ditimbulkan akan tergantung dari kemana posisi IUD ini bergeser. Namun secara garis besar gejala yang mungkin timbul adalah :

    1. Nyeri / kram perut yang tidak biasa dan lama
    2. Perdarahan
    3. Infeksi saluran kencing yang tidak sembuh sembuh (jika bergeser ke kandung kemih)
    4. BAB berdarah (jika bergeser ke saluran cerna)
    5. Kehamilan ektopik
    6. dll
    Maka dari itu penggunaan IUD sebaiknya dikontrol ke dokter minimal setiap setahun sekali untuk melihat kondisi IUD dan rahim Anda sendiri. Untuk lebih jelasnya, tanyakan dengan mendetil kepada dokter yang memasang IUD pada Anda.  Karena dokter Andalah yang lebih mengetahui riwayat pemasangan dan kondisi Anda sebelumnya.   Semoga membantu,   dr. Yusi