Tanya Dokter

  • Penyebab kehilangan hasrat untuk hubungan intim

  • Pagi dok..saya irma..dok mau tanya saya kan sudah lepas spiral dan langsung suntik kb 3 bulan ya waktu haid.. Nah sekarang haid nya sudah selesai.. Tapi saat berhubungan badan dg suami ko beda ya ga seperti biasa nya.. Terasa perih dan tidak nafsu setelah suntik kb 3 bln.. Mohon di jawab ya dok..terimakasi

    Hai Irma. Adanya perubahan nafsu atau hasrat seksual secara umum memiliki banyak penyebab dan umumnya merupakan interaksi antara banyak faktor. Faktor-faktor yang dapat berpengaruh seperti 

    1. Psikis dimana kondisi stres, cemas, depresi,kelelahan dapat berpengaruh 

    2. Adanya kondisi klinis tertentu seperti diabetes, hipertensi

    3. Obat-obatan tertentu seperti antidepresan 

    4. Adanya ketidakseimbangan hormonal terutama saat hamil dan menyusui 

    5. Hubungan anda dengan suami itu sendiri apakah sedang ada masalah atau tidak

    Secara umum, kontrasepsi hormonal dalam hal ini adalah KB suntik tidak memberikan banyak pengaruh pada hasrat seksual dan sebagian besar wanita bahkan tidak merasakan adanya perbedaan hasrat seksual. Namun, jika memang anda tidak memiliki faktor lain selain pemakaian kontrasepsi, anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda mengenai kondisi anda, apakah akan diberikan pilihan kontrasepsi berbeda. 

    Hal yang dapat anda lakukan yakni 

    1. Pastikan anda mendapat rangsangan awal atau foreplay yang cukup 

    2. Jaga pola hidup anda terutama mengonsumsi makanan gizi seimbang, olahraga teratur, perbanyak minum air putih, dan istirahat cukup 

    3. Kelola stres 

    4. Jaga berat badan ideal 

    Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa