Tanya Dokter

  • spotting pada pertengahan dan seminggu lebih sebelum haid

  •  Man
    Anggota

    Dok, saya kmrin hari prtama haid tgl 13 Juni dan brakhir tgl 15 Juni, melakukan naked petting tanpa ada ejakulasi pada tanggal 20, tgl 26 ada spotting wrna pink, tgl 27 sama 28 wrna merah, tgl 29 sama 30 wrna kecoklatan, tgl 1 Juli wrna pink, kemudian stop 2 hari dan tgl 4 Juli ada spotting wrna merah. Dan ada juga rasa sakit pada perut bagian kiri bawah ketika bertenaga. Sakit ini mulai sekitar 1 atau 2 hari setelah tanggal 20 Juni. Bisa minta bantuan dokter apakah ini benar bukan pendarahan implantasi? Saya tidak prnah mengalami hal seperti ini sebelumnya.

    Halo,   Ya bisa saja spotting yang Anda alami merupakan perdarahan akibat implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam dinding rahim. Apalagi jika flek terjadi 7 - 10 hari setelah Anda melakukan hubungan intim. Untuk mengetahui penyebab flek ini maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Biasanya jika perdarahan terjadi akibat implantasi maka akan nampak penebalan dinding rahim pada USG sebagai salah satu tanda kemungkinan terjadinya kehamilan. Untuk lebih pastinya Anda bisa melakukan pengetesan kehamilan melalui urine (testpack) pagi hari sebelum melakukan USG. Selain hal tersebut diatas beberapa kondisi lain yg bisa menyebabkan flek / perdarahan diluar haid adalah :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Infeksi rahim
    3. penyakit radang panggul
    4. Tanda awal kanker servik
    5. Stress.
    6. dll.
    Pemeriksaan USG dan tes darah akan mampu mengetahui penyebab flek Anda. Maka dari itu silahkan periksakan diri Anda ke dokter secara langsung untuk memperoleh kejelasan mengenai kondisi Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Man  Man
    Anggota

    Dok, hari ini tgl 10 tepatny hari ke 28 saya mengalami pendarahan seperti haid dengan jumlah yang lumayan banyak, setelah mengalami spotting pada hari-hari yang lalu, apakah ini mengurangi kemungkinan kehamilan?